Thursday, March 29, 2018

Big Bad Wolf Jakarta 2018 Makin Auuwsome!

Auuuwsome! Meski tahun lalu sempat kapok dengan antrean panjang Big Bad Wolf (BBW) Jakarta, tahun ini saya berniat datang lagi, belanja buku lagi. Beberapa perubahan nampak dibanding tahun lalu. Yang jelas Big Bad Wolf Jakarta 2018 kali ini semakin baik dan nyaman. Apa saja yang berbeda dibanding tahun sebelumnya?


So happy and excited ketika saya mendapat preview sale BBW 2018. Artinya, saya dapat datang dan memborong buku sehari lebih awal. Namun, pada 28 Maret saya harus mengikuti rapat kerja sehingga perburuan buku di BBW harus saya tunda. Meski ga jadi datang, saya intip-intip Instagram teman yang hadir di sana. Katanya, BBW kali ini antrean kasirnya normal. Wah, makin semangat buat ke sana.


Setelah mengumpulkan nyawa dan perbekalan, 29 Maret 2018 pagi saya dan SID berangkat ke ICE BSD. Biasalah, naik transportasi andalan, commuterline turun Stasiun Rawa Buntu dilanjutkan ojek.


Berada di antara jutaan buku itu ga berasa ya. Lihat – baca – ambil – lihat – baca – ambil. Tahu-tahu perut keroncongan dan kaki kondean (pegel). Hari itu saya mondar-mandir di ICE BSD Hall 7-10 selama  7 jam, lho! Akhirnya pulang karena SID ngantuk. Ga ada penyewaan tenda, ya? Sekalian tidur di sana. Hehe.


Baca juga: 21 Tips Bahagia Belanja Buku di BBW


Anyway, dari hasil pengamatan, berikut beberapa perubahan Big Bad Wolf 2018 dibanding tahun lalu:


Satu pintu masuk


Pengunjung masuk melalui hall 7 dan langsung disambut Member Area. Berbeda dengan tahun lalu yang terdapat pintu masuk food court.  Jalur yang sekarang lebih mudah dipahami dengan banner lay out besar di seberang pintu masuk.




[caption id="" align="aligncenter" width="1040"]tips ke bbw 2018 Layout Big Bad Wolf 2018[/caption]

Food court lebih besar


Letak food court berada di sebelah kiri pintu masuk. Kali ini lebih banyak tenant di food court, dari makanan berat sampai cemilan seperti pop corn dan ice cream. Konsep food court juga berubah, tak lagi food truck.


Metode pembayaran menggunakan tap card yang dapat diisi ulang dengan cash, debit, kredit, atau e-money. Jangan khawatir, jika masih ada saldo dapat di-refund.




[caption id="" align="aligncenter" width="1040"]tips ke bbw jakarta 2018 Membayar makanan di food court dengan tapcard[/caption]

FYI, harga makanan di sini sekitar 40-50ribu rupiah. Lumayan ya. Bawa bekal lalu makan di food court pun tak apa. Banyak kursi dan bangku di sana.


Oh ya, tahun lalu ada playground di arena food court tetapi sekarang ditiadakan.


Mandarin books


Terdapat area khusus buku berbahasa Mandarin di sebelah kiri pintu masuk. Saya tak melihat detail bagian ini karena ga paham juga. *Ya maaf.




[caption id="" align="aligncenter" width="1040"]tips ke bbw jakarta 2018 SID asyik berimajinasi dengan gambar[/caption]

Himbauan Siskuamling


Dari pintu masuk hingga tiap area buku banyak saya jumpai himbauan siskuamling alias silakan serbu buku asal memperhatikan lingkungan. Jika tidak jadi membeli, pengunjung harap mengembalikan buku ke mejanya atau kalau udah bingung ya letakkan di tempat “Buku Tak Jadi Beli”.


Saya akui ketika berbelanja di BBW, sistemnya ya ambil duluan, sortir belakangan. Saya melakukan sortir hingga 2x untuk benar-benar memilih buku sesuai kebutuhan dan anggaran. Dengan adanya himbauan di atas dan area peletakkan buku yang tak jadi dibeli, berbelanja di BBW menjadi lebih nyaman.


Baca juga: Persiapan ke Big Bad Wolf 2018


Curious corner


Ini yang unik dari BBW tahun ini. Jalan keluar dari kasir dipenuhi hiasan dinding bertema tokoh film atau gambar vintage. Hiasan dinding ini dijual seharga Rp110.000,00 per buah. Selain itu terdapat lukisan kontemporer yang mengantarkan pengunjung menuju pintu keluar.




[caption id="" align="aligncenter" width="1040"]tips ke bbw 2018 Hiasan dinding, produk baru di BBW[/caption]

Banyak kasir


Saya sudah was-was masalah antrean di kasir. Tahun lalu bisa stuck 3 jam cuma untuk bayar. Jadi males kan kalau beli 1-2 buku harus mengantre selama itu. Syukurlah tadi siang-malam saya di sana tidak terjadi antrean panjang. Masih wajar lah menunggu 1-2 orang di depan. Jumlah kasirnya semakin banyak. Dan, untuk yang memborong bertroli-troli buku, ada antrean kasirnya sendiri di dekat penitipan buku (sebelah kiri hall 10). Nah, begini kan nyaman.




[caption id="" align="aligncenter" width="1040"]tips ke bbw jakarta 2018 Pengunjung dapat menitipkan buku secara cuma-cuma selama 24 jam[/caption]

Beberapa poin di atas yang membuat pameran buku terbesar di Indonesia Big Bad Wolf Jakarta 2018 menjadi lebih nyaman. Bahkan saya enjoy datang hanya berdua dengan SID. Kami sangat bersemangat berburu buku. Entah sudah berapa puluh buku kami baca sambil melirik judul lainnya. Sepertinya saya bakal balik lagi ke BBW 2018. Mumpung masih buka hingga 9 April 2018. Bagaimana denganmu?


[embed]https://www.youtube.com/watch?v=J4q717-5Ncg[/embed]

Big Bad Wolf 2018


ICE BSD Hall 7-10


Buka 29 Maret – 9 April 2018 nonstop 24 jam!


Gratis tiket masuk


Website: www.bigbadwolfbooks.com/id/


Instagram: @bbwbooks_id

15 comments:

  1. duh serasa mimpi lihat tumpukan buku, dari tahun ke tahun hanya bisa gigit jari, andai dekat sana

    ReplyDelete
  2. 24 jam nonstop?? Kece... Btw kisaran harga buku nya berapa angka mbak...?

    ReplyDelete
  3. Wah seneng kalau ad perubahan yang bikin pengunjung makin nyama di BBW....seperti pintu masuk yang dulu food court dulu (dan muahaal makanannya hahaha). Terus dulu semua orang main letak saja. Jadi buku yang enggak dimau taruh di rak yang bukan kelompoknya. Kita pengunjung berikutnya jadi bingung. Kesannya berantakan. Syukur kalau lebih rapi sekarang.
    Baca ini jadi pengin ke sana lagi tahun ini..Thanks for sharing:)

    ReplyDelete
  4. Waahh, terima kasih infonya! Jadi pengin ke Big Bad Wolf tahun ini :D

    ReplyDelete
  5. Waaahhh lebih asyik ya BBW tahun ini. Aku padahal orang sono tapi belum mampir ke Ice BSD

    ReplyDelete
  6. Mbak tinggal di mana? Buat yang luar kota atau luar pulau palingan pakai jastip. Lebih hemat dibanding tiket transport ke sini.

    ReplyDelete
  7. Iyes, sampai tidur di sana juga boleeeh. Buku Indonesia mulai 20ribuan kalau buku impor 30ribuan.

    ReplyDelete
  8. Nah iya dulu lewat food court itu ya. Yang ini tetep di atas rata-rata tapi lebih banyak pilihan. Semoga tetap rapi dan nyaman sampai akhir BBW.

    ReplyDelete
  9. Mari! Kok aku jadi ingin ke sana lagi ya padahal udah out of budget.

    ReplyDelete
  10. Ih enak banget warga BSD. Malah bisa bolak-balik ke BBW. Aku ke sana jauuuh.

    ReplyDelete
  11. Super asik bisa melihat buku sebanyak ini yah mbak. Kenikmatan luar biasa bagi pecinta buku bisa belanja buku. Saya belum pernah mengunjungi event big bad wolf ini. Next time, ketika ada kesempatan ke Jakarta dan pas event ini berlangsung, ingin mencoba kesini untuk mencari buku-buku favorit.

    ReplyDelete
  12. iya sekarang ada food court yang lumayan besar dan banyak pilihan makanannya. haduuuh rasanya ingin ngeborong buku2nya tapi namanya mahasiswa belum punya uang.

    ReplyDelete
  13. Heu heuu cuma ampe tanggal 9 April yaaa.. saya ke Jakartanya minggu depan

    ReplyDelete
  14. Nunggu yang di Surabaya nih, mau beli lego buat Athiyah. Moga ada diskon gedhe

    ReplyDelete

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...