Saturday, April 29, 2017

[Review] Malem Mingguan di Ichi Sushi Gresik

Gresik, kota kecil di utara Jawa ini menjadi kota kelahiran saya. Meski begitu jangan ditanya nama jalan atau daerah di Gresik, saya nge-blank. Selama tinggal di Gresik saya itu kuper, males kemana-mana, lha wong di rumah udah komplit. Beda dengan di rantau yang apa-apa harus cari sendiri jadi lebih mengenal medan. That’s why saya jarang menulis tentang Gresik. Palingan pernah ke Hutan Mangrove yang letaknya tersembunyi di Karang Kiring, Gresik. Saking tersembunyinya sampai saya lupa lewat gang yang mana buat kesana lagi. Hahaha...


Baca juga: Hutan Bakau, Wisata di Kota Gresik


Mumpung sekarang lagi mudik, marilah kita menjelajah kota asal. Masa’ kita paham daerah orang tapi ga menguasai daerah sendiri.


Singkat cerita saya menghubungi teman SMP yang udah belasan tahun ga ketemu. Kami dipertemukan oleh the power of social media named Instagram. Dia nge-post foto tempat nongkrong di Gresik. Foto itu menggambarkan kafe dengan background sunset. Ada lampu gantung menghiasi bagian luar kafe. Hah, keren banget sik ada tempat kayak gini di Gresik? Mol aja ga ada. Eh ada deng Mal Gresik alias Rama****. Aih, saya kurang update ternyata sekarang di Gresik makin banyak tempat nongkrong kekinian binti instagrammable.






Vivi, teman SMP saya, bilang kalau itu foto dia di Ichi Sushi, GKB. Hah (lagi!) Ichi Sushi yang di Jalan Kalimantan, GKB? Dekatnya Giant? Bukannya masakan di situ ga enak? Sebenarnya saya ga pernah datang ke Ichi Sushi tapi sering lewat. Yang saya ingat logonya merah bulat dengan konsep kedai Jepang. Nah, saya ga mampir karena pernah 2x dapat lunch box Ichi Sushi dari acara gitu dan rasa sausnya aneh plus nasinya keras. Padahal bayangan resto Jepang itu kan nasi punel yang nempel, bukan nasi kemrotok *apa ya Bahasanya yang bener?. Tapi demi lokasi foto yang cakep, bolehlah kita ke sana.


Baca juga: Simping Khas Gresik, Camilan SD Belakang Pasar


Ichi Sushi yang ada di bayangan saya dulu ternyata sudah berubah. Sekarang restonya sudah ganti logo. Sepertinya mereka re-branding atau ganti manajemen (?). Tempatnya juga makin luas menempati 2 ruko 2 lantai. Menjelang senja, saya datang disambut dengan sapaan para pegawai, “Irrashaimase!” yang artinya selamat datang. Saya cuma manggut-manggut aja, ga ngerti cara membalasnya.




[caption id="attachment_1691" align="aligncenter" width="534"] Lantai 2 Ichi Sushi, sore masih sepiii[/caption]

 

[caption id="attachment_1692" align="aligncenter" width="564"] Dikira rumah sendiri kali ya. Bawa sendok garpu kek mau tawuran >,<[/caption]

Saya langsung menuju lantai 2. Keadaan masih sepi meski ini hari Sabtu. Beberapa meja dan kursi tertata rapi. Ornamen kayu mendominasi ruangan terutama di bagian meja dan hiasan dinding. Sebagian kursi terbuat dari besi. Sebagian lagi tersedia sofa empuk untuk yang mau berlama-lama di sana. Suara musik cukup keras memenuhi ruangan, lagunya Noah. Makin malam, musiknya makin kekinian. Menyesuaikan dengan tamu yang datang kali ya. Saya udah ga catch up dengan musik terkini, lagi-lagi kudet.


Mbak pegawai dengan seragam hitamnya menghampiri saya sambil mengangsurkan buku menu berwarna hitam. Meski namanya Ichi Sushi, menu makanan dan minuman di sini bervariasi. Selain sushi roll, ada ramen, teriyaki, chicken katsu, spaghetti, sampai baked rice. Yup yup, menunya campur Italiano begini. Melihat foto-foto makanan di buku menu membuat ngecesss, terutama di bagian Salmon Mozzaru. Pesen ini dulu deh. Ga yakin mau pesan sushi, gimana kalau Sid ga suka? Hahaha ini gimana sih di resto Jepang malah ga makan menu yang Jepang banget.




[caption id="attachment_1693" align="aligncenter" width="533"] Buku menunya cakeeep[/caption]

Sambil menunggu pesanan datang, saya bolak-balik buku menu ini. Berasa seperti membaca buku tentang cookery. *kayaknya efek dari Big Bad Wolf* Food photography-nya cakeeep, lay out-nya niat. Di akhir buku ada tulisan keciiil nama fotografer dan desainer buku menu ini. Pantesan bukune apik seru (bagus banget -bahasa Gresikkan).


Saat Salmon Mozzaru datang, Sid udah ribut minta makan. Ia bawa sendok dan garpu, mau makan sendiri. Saya khawatir piringnya panas karena ini baked rice tapi ternyata gak. Penampakan Salmon Mozzaru emang menggiurkan. Ini tuh nasi, dilapisi salmon crispy, ditutup dengan lelehan keju mozarella, dan diberi topping nori.




[caption id="attachment_1694" align="aligncenter" width="622"] Salmon Mozzaru (35k)[/caption]

 

[caption id="attachment_1695" align="aligncenter" width="622"] Ini isinya Salmon Mozzaru di Ichi Sushi[/caption]

How’s the taste? Keju molor gitu enaaak, saya suka banget keju. Kematangan salmonnya pas, juga ga amis. Saya heran aja karena salmon dibalut tepung crispy. Kirain langsung ditumpuk di atas nasi. Nah trus nasinya nih tetep keras seperti dahulu kala. Kenapa ya? Untungnya diberi sendok dan garpu jadi gampang makan. Tapi... Sid maunya pake sumpit. Ya Allah, tantangan banget sik. Menyumpit nasi kemrotok itu challenging! Gpp deh yang penting dia mau makan. Salmon juga sehat, kan.


Menurut Vivi, menu yang enak di Ichi Sushi itu ramen-nya. Ada banyak pilihan level pedas dan juga kuah, seperti shoyu, spicy, curry, dan tom yum. Dia pernah makan sushi-nya, so-so. Nasinya juga kurang nempel, kurang Jepang lah.


Buat minuman, saya pesan Ocha atau Japanese Tea sedangkan Vivi pesan Ice Tea. Ocha-nya seger, udah lama ga minum green tea begini. Rasa pahitnya tuh khas banget. Sid malah habisin Ice Tea-nya Vivi. Dia ga doyan yang pahit kali ya. Makasih ya Tante Vi udah bagi minuman.




[caption id="attachment_1690" align="aligncenter" width="462"] Kiri Ocha (8k), kanan Ice Tea (6k)[/caption]

However, tempatnya emang cozy, ada Wi-Fi pula. Kursi dan sofanya IKEA banget deh. Sid aja asyik manjat sofa trus tiduran segala. Untungnya ga diusir. Hahaha. Balkon luar dengan kursi besi dan lampu gantung jadi cakep saat malam hari. Kalau siang atau sore pemandangannya hanya ilalang tanah tetangga. So, kalau mau foto-foto mending datang saat sunset atau selepas Maghrib. Oh ya, ada mushola di lantai 1 yang nyaman.


Makin malam, tamu yang datang makin banyak. Dari serombongan remaja sampai keluarga lengkap. Meja belakang kami couple so sweet saling memandang gitu deh. Haduh, jadi inget suami nan jauh di mato. Pulang aja deh. *Baper.




[caption id="attachment_1696" align="aligncenter" width="610"] Malem mingguan sama Sid[/caption]

Anyway, buat yang pernah atau tinggal di Gresik, minta rekomendasi dong kuliner Gresik lainnya. Atau kuliner di kotamu masing-masing. Kali aja MyFoottrip jalan-jalan ke sana. *Amin.


Ichi Sushi Gresik Jl. Kalimantan 187 GKB Gresik


(Ada juga di Malang) Ichi Sushi Malang Jl. Pandan 21 Malang


Daily open 11.00 - 22.00


Instagram: Ichi.Sushi

22 comments:

  1. Tempatnya nyaman ya Len :)
    Kepingin lihat makanan nya lebih lagi secara saya suka banget Japanese food :)

    ReplyDelete
  2. Malam Minggu yang menyenangkan, mba Helena. Liat makanannya jadi lapar nih

    ReplyDelete
  3. hahaha next time ke sana aku pilih ramen atau sushi roll deh. Tampilan di IGnya menggoda juga

    ReplyDelete
  4. Ini fotony yg bikin mau k gresik... aku blm prnh k sana mba.... nti mampir jk d br ksmptan k sana..^^

    ReplyDelete
  5. ini kali ga pake beras khas Jepang ya mba... makanya nasinya kemrotok ;p... kan ada tuh sbnrnya beras khusus utk masakan jepang gitu... Sayang jadinya.... padahl baked rice begitu memang lbh enak kalo nasinya lengket yaa :)

    ReplyDelete
  6. Harga disana berapaan mbak helen?
    Ayok maen ke Jogja, ntar kuajak kulineran ke tempat yg mblusuk ndeso2 tp ngehits wkwkwk....

    ReplyDelete
  7. Laaah ini mamanya Sid lagi di Gresik thoooo. Dulu temen2 SMAku banyak yg orang Gresik. Pernah main juga sekali ke sana, tapi ya ampuun panaaaas yaa.

    Btw, sekarang brarti dah bisa dunk ya nongkrong2 di Gresik :)

    ReplyDelete
  8. Penampakan Salmon Mozzaru menggoda untuk dicicipi bangeet..! Apalagi lelehan kejunya. Tambah laper, deh. Sayang juga ya...bentuk nasinya gak sesuai harapan.
    Mungkin bisa diomongin sama pemiliknya, buat kritik membangun gitu loh... :))

    ReplyDelete
  9. Pagi-pagi kesini dan sukses bikin lapar, fotonya menggoda banget mbak :D

    ReplyDelete
  10. Main2 ke Surabaya mbaaaa
    Di sini kulinerny serba bebek sih.
    Yang paling awesome (menurutku) bebek sinjay di Jl. Ahmad yani

    ReplyDelete
  11. sinjay udah pernah mba. Iya emang enak sih, terkenal banget yang dari Madura kan. Semoga nanti bisa mampir ke Sby yaa. Kalau ada event, colek2 hehehe

    ReplyDelete
  12. iyaaa semoga pemiliknya baca ini, heheh. Kejunya emang bikin aku pesen si mozzaru itu.

    ReplyDelete
  13. hahaha iyaa panasss padahal Jakarta udah panas yak.
    yah mamak-mamak ini gaya dulu nongkrong di Gresik (sambil bawa anak bayi)

    ReplyDelete
  14. yok yok ke Gresik, nanti aku jadi tour guide. Heheh

    ReplyDelete
  15. iyaa nasi lengket khas Jepang itu lho, kan makannya pakai sumpit

    ReplyDelete
  16. weh siaaap! kalau ke jogja, ku kabari yaa
    makanannya sekitar 20ribuan ke atas deh

    ReplyDelete
  17. Waduh Mbak, pas banget puasa gini lihat penampakan postinganmu. Mendadak laper :)

    ReplyDelete
  18. weits nunggu adzan maghrib dulu mba

    ReplyDelete
  19. Haduh-haduh mba Helen gawe aku ngiler :-D
    penampakan salmon mozzarunya endes mbaaa
    Hai Sid, nemenin bunda malam m ingguan ya? Kapan nemenin tante Nyi :-D

    ReplyDelete
  20. lucu banget sih jadi tante Nyi. Hayuklah kita malmingan bareng biar so swiiit

    ReplyDelete

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...