Tuesday, April 25, 2017

Ngemil Sehat Raw Almond Milk di BNB, Jakarta

Salah satu resolusi 2017 saya yaitu “Live A Healthier Life”. Namun sudah masuk bulan keempat di tahun 2017, kebiasaan buruk saya masih aja nempel. Saat dikejar deadline, saya sering begadang dengan pola makan yang tidak teratur. Kerjaan selesai tapi badan langsung “teriak” karena kurang diperhatikan. Selama seminggu saya masuk angin campur maag kambuh. Duh!


Waktu diajakin Mba Maria nongkrong cantik, saya mikir-mikir. Gimana kalau di sana malah mules dan merusak suasana? Eh tapi nongkrongnya ini di kafe yang menyediakan healthy food and beverage. Why not? Sepertinya tubuh saya butuh asupan sehat untuk mengobati kesalahan minggu lalu.




[caption id="attachment_1675" align="aligncenter" width="926"] Mba Maria pinter banget pilih tempat meet up. Bisa curhat supaya pikiran sehat, minum raw almond milk supaya tubuh sehat.[/caption]


Jumat siang saya menuju daerah Cilandak, tepatnya di Jl. Terogong Raya, Cilandak, Jakarta Selatan. Ojek berhenti di depan Hero Terogong. Cafe ini letaknya tepat di samping pintu masuk Hero. Namanya Bless Nature's Best atau kini lebih tenar disebut BNB. Pintu bercat kuning menyambut saya. Saat memasukinya, saya seperti berkunjung ke rumah yang hangat dan rapi.


Mba Maria udah datang terlebih dahulu bersama beberapa teman lain. Saya masih celingak celinguk melihat menu yang banyak macamnya. [Tips: Kalau bingung dengan pilihan yang ada, gunakan pertanyaan andalan “Apa yang recommended di sini?”]. Saya pun memesan menu favorit Raw Almond Milk. Di sini ada 2 pilihan rasa, plain dan sweetened with dates. Saya pilih yang manis karena ingin merasakan manis alami dari kurma dipadupadankan dengan kacang almond.




[caption id="attachment_1680" align="aligncenter" width="852"] Raw Almond Milk, menu andalan di BNB (plain 40k, sweet 43k)[/caption]

Almond terkenal sebagai salah satu booster ASI. Saya suka ngemil almond saat menyusui karena rasanya enak dibanding harus minum ekstrak daun katuk yang pahit. Almond juga tinggi serat dan mineral seperti magnesium, potassium, dan kalsium. Selain itu kacang almond kaya akan vitamin E sehingga baik untuk sumber antioksidan.


Almond bisa disajikan dalam bentuk mentah ataupun diolah dengan bahan lain. Tetapi untuk susu almond, baru kali ini saya mencobanya. Susunya silky and smooth. Rasanya samar-samar mirip air kelapa. Manisnya kurma pas untuk selera saya, tidak terlalu manis. No added sugar and no added ice tapi tetap segar.


Kok bisa sih almond mentah jadi seenak ini? Dari kacang bisa jadi susu, gimana ceritanya? Siang itu kami ngobrol juga dengan Aulia, Manajer BNB. Beliau menjelaskan proses Raw Almond Milk. Kacang almond ini diproses dengan sangat higienis. Tiap bijinya dibilas dengan air mineral. Sebelum diproses menjadi almond milk, kacang direndam minimal 8 jam, dicuci, kemudian dibilas.




[caption id="attachment_1676" align="aligncenter" width="640"] Semua menu di sini tanpa gula dan tanpa es -Aulia, Manajer BNB[/caption]

Susu almond mentah di BNB tidak dipasteurisasi supaya enzim, nutrisi, vitamin, dan mineralnya masih terjaga. Makin sehat deh. Namun susu ini jadi sangat sensitif terhadap panas, ia hanya bisa bertahan 2 jam di suhu ruangan. Kalau mau lebih awet, simpan di kulkas (tahan 3 hari) atau di freezer (tahan seminggu). So kalau mau bawa susu almond saat traveling, masukkan saja ke coolbox. Atau buat busui, bawa cooler bag yang biasa jadi tempat simpan ASIP ya.


Makan Siang yang Berbeda di BNB


BNB menyediakan banyaaak menu sehat. Secara garis besar dibagi seperti ini:




  • Raw Almond Milk (plain or sweet)

  • Raw Almond Milk Smoothies dicampur dengan buah dan sayur (ada 15 macam smoothies)

  • Coconut Water Smoothies (6 varian, cocok untuk yang alergi kacang)

  • Cold Pressed Juice (4 varian)

  • Smoothies bowl (4 varian)

  • Granola with almond milk

  • Mix salad dan crudites

  • Premium hot tea

  • Wheatgrass shot

  • Young coconut and green coconut


Dan hari itu saya mencoba berbagai menu sambil icip-icip punya tetangga. Hehehe... Ini review-nya.




[caption id="attachment_1685" align="aligncenter" width="896"] Wheatgrass shot untuk detoks (25k)[/caption]

Segelas kecil Wheatgrass mengandung tinggi vitamin C. 1 gelas ini kandungan vitamin dan mineralnya setara dengan sekilo sayuran hijau. Wheatgrass ini baik untuk detoks, lho. Kata Mba Aulia, 90% pelanggan yang minum wheatgrass baik-baik saja tetapi ada 10% yang mual, pusing, dll. Saya sempat khawatir bakal mules atau ada efek samping lain. Alhamdulillah tubuh saya menerima dengan baik si rumput gandum.




[caption id="attachment_1682" align="aligncenter" width="896"] Berrylicious dengan Banana, Mixberries, Raw Almond Milk. Topping: Dates, Granola, Chia Seeds, Pumpkin Seeds, Mixberries (55k)[/caption]

 

[caption id="attachment_1684" align="aligncenter" width="994"] Pinacolada dengan Banana, Pineapple, Coconut Oil. Topping: Coconut Flakes, Pineapple, Goji Berry, Chia Seeds (55k)[/caption]

 

[caption id="attachment_1683" align="aligncenter" width="896"] Ginger Bread dengan Banana, Cinnamon, Ginger, Raw Almond Milk. Topping: Apple Slices, Flaxseeds, Granola, Diced Fig (50k)[/caption]

Melihat Mba Ria memesan Berrylicious dan Mba Maria memilih Pinacolada, saya juga tertarik mencoba smoothies bowl. Bedanya dengan smoothies yang disajikan dalam gelas, smoothies bowl ditata apik dalam mangkuk lengkap dengan toppingnya.


Saya pun memesan Ginger Bread. Kebayang rasa jahe yang hangat dipadu kayu manis, pisang, dan susu almond mentah. Wow, yang hadir melebihi ekspektasi saya. Di atas smoothies berjajar rapi apple slices, flaxseeds, granola, and diced fig. Rasanya manisss, terlalu manis bagi saya. Rasa jahe dan kayu manis kental di lidah. Manisnya saya imbangi dengan makan granola dan potongan apel. Yummy!




[caption id="attachment_1679" align="aligncenter" width="640"] Seporsi besar mix salad untuk 2-3 orang (65-70k)[/caption]

 

[caption id="attachment_1681" align="aligncenter" width="640"] Dressing untuk mix salad (ki-ka): Pesto dressing, Herbed cashew dip, dan Italian dressing[/caption]

 

[caption id="attachment_1678" align="aligncenter" width="1020"] Ngemil Crudites dengan Herbed Cashew Dip, snack version of mix salad. (60k)[/caption]

Kalau biasanya makan siang harus dengan nasi, kali ini saya makan sayur-sayuran. Semangkuk besar Mix Salad ini cukup untuk 2-3 orang. Sayurannya terdiri dari Romaine Lettuce, Lollorosa Lettuce, Mix Butterhead Lettuce, Wild Rocket, Alfalfa Sprout, Red Paprika, Yellow Paprika, Zucchini, and Carrot. Ada 3 pilihan dressing supaya rasanya ga sayur banget, hehehe. Herbed Cashew Dip yang kental dan lembut, Pesto Dressing dengan rasa yang lebih kuat, dan Italian Dressing dengan lemon segar.


Semua sayuran dan buah yang disajikan di sini merupakan tanaman organik atau hidroponik yang dicuci dengan sabun khusus rendah SLS. Paprika, selada, timun jepang, dan sayuran lainnya terasa manis dan segar. Saya memang suka sayur dan buah. Kemangi aja doyan. Akan tetapi baru kali ini saya makan full hanya sayur dan buah. I felt so healthy and the food tasted so yummy!


Cerita Dibalik BNB


BNB udah ada sejak Januari 2013. Awal mulanya karena sang pemilik yang sempat tinggal di US kesulitan mendapatkan non dairy milk di Indonesia. Ia pun mencoba membuat raw almond milk sendiri. Ternyata teman dan keluarga banyak yang suka. Dari usaha rumahan, ia pun membuka gerai di Terogong Raya ini.


Awalnya kebanyakan pelanggan dari para ekspatriat yang sudah terbiasa dengan healthy drink. Namun perkembangan healthy lifestyle di Indonesia semakin baik sehingga pelanggan lokal mulai banyak yang mencoba produk BNB. Bahkan siswa-siswi Jakarta International School (JIS) yang tak jauh dari BNB sering nongkrong di sini. Wah, kesadaran akan healthy life udah ada sejak dini.




[caption id="attachment_1677" align="aligncenter" width="640"] Produk kesehatan lainnya di BNB. Dari cemilan sampai sabun untuk vegan[/caption]

Alhamdulillah sepulang dari BNB saya merasa kenyang lebih lama, efek makan banyak serat. Surprisingly, ga ada drama mual atau mules efek begadang. Next time mau ke sana lagi deh bersama Sid supaya ia terbiasa makan makanan sehat. Tapi kalau males jalan, order lewat Go-Food aja kali ya...


BNB


Gedung Pertokoan Cilandak Kav 28 Unit 7, Jl. Terogong Raya, RT.15/RW.10, Cilandak Bar., Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430, Indonesia


Jam Operasional:


Senin-Jumat pukul 08.00 – 20.00 WIB


Sabtu-Minggu pukul 08.00-15.00 WIB


Whatsapp: 082111380117


Delivery order ke seluruh wilayah Jakarta


Instagram: BlessNaturesBest

50 comments:

  1. wah deket nih dari rumahku...

    hmmm kalau susu almondnya aku tertarik banget. karena aku jg penggemar almond

    tp kalau makan siang hanya pakai salad doang, aku kayanya g kenyang bun helena

    wakaakakk jd kesininya jgn jam makan siang dong ya

    ReplyDelete
  2. Amaze ya bund,makanan n minuman sehat semua,pingin coba saladnya,aq pecinta salad banged..

    Almond emang kriuk banged,makannya musti banyak,kalo satu2 nda berasa ya bund hahaha

    ReplyDelete
  3. Glek. Nelen ludah nih.. Mauu raw almond nyaaa

    ReplyDelete
  4. Aduh sehat banget sihh...
    Sebenernya kurang suka sayur, walau ada beberapa yg suka... Jus itu hemmm

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat dulu sering skali ke supermarket itu. Sekarang krn jarak terlampau jauh. Mesti agendakan khusus nih kesana. Saya penikmat Susu Almond. Sering banget bikin Chia seed pudding dg topping buah2an menggunakan almond. Mau tanya Mba. Yg bogol gede dsn kisaran harga berapa ya?

    ReplyDelete
  6. Looks yummy.... Susu almond enaknya emg tanpa gula tambahan..

    ReplyDelete
  7. Sebagai tukang lembur dan begadang (juga).
    Rasanya saya kurang mengkonsumsi makanan sehat macam ini mbak. Liatnya seger banget jadi mupeng.

    Dan disini saya jadi kenal istilah2 makanan sehat. Hahaa
    Baru tau harus ada dressing2 gitu wkwk *katrok

    ReplyDelete
  8. Menu sehat dan harus aq jalanin sekarang biar lebih sehat

    ReplyDelete
  9. Awalnya aku mikir apa ya kenyang cuma makan sayur dan buah. Beuh... full banget perut. Porsi saladnya tuh gede. Cobain deh Mba (ajakin aku juga ya, hehe)

    ReplyDelete
  10. aku suka susu almond, ga perlu kupasin almond satu persatu. Lebih simple, kan

    ReplyDelete
  11. busui cocok nih, pesen aja gih :p

    ReplyDelete
  12. cold pressed juice juga fresh. 100% buah, ga pake gula lagi. Aneh kali ya makan sayur doang tapi sayurnya tuh manis. Aku aja amazed dengan rasa paprika yang enak buat dicemil

    ReplyDelete
  13. Bun, yang botol gede rasa plain 100k, kalau yang manis 105k. Bisa delivery order

    ReplyDelete
  14. ga pake dressing juga ga apa-apa sih. Aku pun asik aja makan langsung sayurnya

    ReplyDelete
  15. Aiiih bikin ngeces liat yg beginian. Kapan2 klo pulang ke Jakarta pengen ah kesini, deket dari depok mah iniii...

    ReplyDelete
  16. Aku penasaran sama dressing nya itu loh....Makan sayurnya udah biasa sih. Tapi dressingnya bebas garam n gula gak ya?

    ReplyDelete
  17. wahh helena aq lupa icip ginger breadnya,, wheatgrassnya mempesona walau awalnya agak takut mau coba minum trnyata tubuhku bersahabat hehe..

    ReplyDelete
  18. bener-bener ngajarin konsumsi makanan sehat.
    salut banget buat usahanya, yang beda dari yang lain. Penampakannya enak-enak banget, tapi aku kurang demen ama pisang bisa ganti yang apel lah ya :-D

    ReplyDelete
  19. aku ketagihan sama wheatgrassnya huhuhu

    ReplyDelete
  20. Makanan dan minuman sehaat semuaa yak menunyaa. Cocok banget buat yg diet jugaa nih mbak yaa belum pernah rasain minum almond milkk kayanyaa enaak yaak soalnya almond yg dimakan langsung aja enak gurih banget

    ReplyDelete
  21. Wahh makanannya sehat semua.. jd mau ngemil duren.. ekhh hehe.. mau nyoba menu sehat nya akhh

    ReplyDelete
  22. wah menunya sepertinya lezat bingittt .... sayang awak jauh dari kedai ini :_(

    ReplyDelete
  23. pasti enak nih mbak susunya...apalagi kadang ada beberapa orang yg alergi susu sapi

    ReplyDelete
  24. Wahh... cocok banget nih ama aku. Auka banget kl ada restoran2 vegan gini. Pengen nyobain. Tapi jauh amat ya... huhuhu.. ada cabangnya gak kl di jakarta lain?

    ReplyDelete
  25. Penasarannn sama rasanya susu almond aku suka banget kacang almond soalnya, pengen cobaaaaa deh, makasih rekomendasinya mba helena

    ReplyDelete
  26. Dhanang Sukmana AdiApril 27, 2017 at 6:28 AM

    wah makanan penuh gizi dan sehat nih..tapi sayang kok jauh bingit hehhe

    ReplyDelete
  27. Wah, keliatan unik tapi lezat

    ReplyDelete
  28. aku suka banget makan makanan sehat kayak gini, masalahnya kadang harganya lumayan hahahah kl sering2 bikin jebol dompet, jadi diakalin sama bikin sendiri ajah :D

    ReplyDelete
  29. Ish pengen banget mampir ♡_♡
    Bawa anak bersama suami tercinta kesini

    ReplyDelete
  30. iya yak Cilandak situ, melipir bentar lah

    ReplyDelete
  31. langsung nanya ke BNB aja ya, IG-nya bnbterogong.

    ReplyDelete
  32. hahaha iyaa takut mules minum wheatgrass ternyata aman-aman saja

    ReplyDelete
  33. iyaa di sini bisa sekalian nanya-nanya produk yang tepat buat cara diet tertentu.

    bisa request kok, banyak banget pilihan smoothies-nya.

    ReplyDelete
  34. jangan sering-sering. Seminggu sekali bolehlah ajak aku ke sana lagi ;)

    ReplyDelete
  35. iyes, berbagai tipe diet bisa diakomodir di sini. Almond milk enaaak!

    ReplyDelete
  36. Yeee malah duren. Sini buat aku aja

    ReplyDelete
  37. nanti ya kalau lagi di Jakarta bisa mampir ke BNB

    ReplyDelete
  38. Betul, anakku sempat alergi susu sapi jadi susah cari susu yang tepat. Nah sekarang bisa minum raw almond milk aja

    ReplyDelete
  39. kirim-kirim aja, bisa delivery order kok. Lewat whatsapp atau go food aja

    ReplyDelete
  40. yuk kapan-kapan kita ngobrol2 di sini

    ReplyDelete
  41. kalo ke jakarta, mampir ya. Atau bisa delivery order buat cemilan sehatnya

    ReplyDelete
  42. samaaa... tapi saat tahu prosesnya dan juga bahan yang hidroponik dan organik, emang lebih sehat kan

    ReplyDelete
  43. tempatnya cozy buat family time, bun. Bisa membiasakan anak buat hidup sehat juga

    ReplyDelete
  44. Hi Helen! Keren deh blognya!
    Kayaknya kalo balik jadi tertarik mampir kesini deh tapi setelah kuliner makanan abang2.. hahahha.. buat detox :p

    ReplyDelete
  45. Hi Rietsi, makasih yaa udah mampir
    kalau di UK gimana tentang healthy lifestyle? Apa di sana makan jajanan abang2 juga? *lol

    ReplyDelete
  46. Sayangnya jajanan abang2 disini mahal...berhubung kantongnya mahasiswa jadi bikin jajanan abang2 di rumah aja :p

    ReplyDelete
  47. kata mama, jangan jajan sembarangan :D

    ReplyDelete

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...