Wednesday, August 14, 2019

Gemerlap Malam Festival of Light Monas Week 2019

Festival of Light Monas Week 2019


Malam-malam main ke Monas? Well, ini pertama kalinya saya berkunjung ke Monas di malam hari. Awalnya terpikir bakal gelap plus khawatir SID tersandung atau apalah. Eh ternyata ada yang berbeda lho di kawasan Monas karena sedang berlangsung Festival of Light sebagai bagian Monas Week 2019. Apa saja yang menarik?




[caption id="" align="aligncenter" width="720"]festival of light monas week 2019 Welcome to Festival of Light Monas Week 2019[/caption]


Monumen Nasional alias Monas, Tugu Ikonik di Jakarta


Sebagai penduduk DKI Jakarta, saya agak malu belum pernah naik ke puncak Monumen Nasional (Monas). Tugu ini khas banget di Indonesia, khususnya Jakarta, masa’ sih belum pernah sampai atas Monas.


Bulan lalu saya pernah mengajak SID dan teman-temannya ke Monas namun kami kecewa karena kedatangan kami bertepatan dengan HUT Bhayangkara. Monasnya tutup sementara. Saat siangnya, eh tiket untuk naik ke puncak Monas sudah habis. Kalau naik sampai cawan saja kan tanggung. Ya sudah kami pulang mampir beli es krim Ragusa di dekat situ untuk mengobati kekecewaan.


Baca juga: Makna Logo Wonderful Indonesia



Festival of Light Monas Week 2019


Malam ini, 14 Agustus 2019, saya kembali mengajak SID dan ayahnya ke Monas. Bukan untuk naik ke cawan atau puncak Monas tetapi menghadiri Festival of Light Monas Week 2019.




[caption id="" align="aligncenter" width="720"]festival of light monas 2019 Diorama Bung Karno dan Bung Hatta membacakan naskah proklamasi[/caption]

 

[caption id="" align="aligncenter" width="720"]pameran lampu lampion di monas Garuda dengan lambang pancasila[/caption]

FYI, ini pertama kalinya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta mengadakan Festival of Light (festival lampu) di Kawasan Monas. Festival ini merupakan bagian dari rangkaian “Monas Week 2019” untuk menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara agar berkunjung dan mempelajari sejarah di Monas.


Baca juga: City of Digital Light i-City Malaysia

Monas Week 2019 terdiri dari tiga event. Bulan Juli lalu sudah ada Pameran Hologram di Museum Sejarah Nasional. Bulan Agustus, tepatnya 15 – 25 Agustus 2019, diadakan Festival of Light. Sedangkan Desember 2019 nanti akan ada video mapping di bagian tugu Monas.




[caption id="" align="aligncenter" width="720"]festival of light monas week 2019 Mobil kepresidenan RI yang pertama[/caption]

Festival of Light menampilkan lampion dan kreasi lampu berbagai bentuk yang bertemakan sejarah Indonesia. Pas banget dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 di bulan Agustus ini. Contohnya, lampion berbentuk Pangeran Jayakarta, Jenderal Sudirman, Bung Karno dan Bung Hatta yang membacakan naskah proklamasi, sampai mobil Buick-8 sebagai mobil kepresidenan RI yang pertama.




[caption id="" align="aligncenter" width="720"]festival of light monas jakarta HUT RI ke-74. Merdeka![/caption]

Lapangan rumput Monas pun disulap menjadi taman bunga aneka warna. Cantik banget untuk difoto. Tapi, hati-hati ya ini bunganya dari plastik dan lampu. Jangan dipetik, malah kesetrum. Hehe …. Saking asyiknya piknik malam hari di antara taman bunga, SID sampai rebahan di atas rumput.




[caption id="" align="aligncenter" width="720"]monas festival of light 2019 Bahagianya ketemu lampu warna-warni[/caption]

Selain berfoto di banyak spot menarik, kami juga menikmati Festival of Light diiringi penampilan DJ Xandria. Unik, nih, karena lagunya pakai lagu daerah dan lagu kebangsaan yang disajikan dengan lebih modern. SID aja jadi penasaran dengan lagu “Gundul-gundul Pacul”.




[caption id="" align="aligncenter" width="720"]pameran lampu di monas Kapal besar itu sebagai panggung untuk DJ performance[/caption]

Oh ya, jika berkunjung ke Festival of Light, jangan lewatkan permainan lampu laser di jam-jam tertentu. Ini nih jadwalnya:


Pertunjukan 1: 18.30 – 18.55 WIB


Pertunjukan 2: 20.00 – 20.25 WIB


Pertunjukan 3: 21.00 – 21.25 WIB


 



Tips Berkunjung ke Festival of Light di Monas


Melihat gemerlap lampu cantik di Kawasan Monas jadinya ingin mengabadikan momen di sana-sini, kan. Supaya hasilnya kece dan nyaman berkunjung, berikut tips singkat a la Myfoottrip:




  1. Pakai pakaian dengan warna terang supaya hasil foto di kegelapan lebih jelas terlihat.

  2. Pakai night mode di kamera, lebih oke lagi kalau smartphone-nya punya Ultra Night Mode yang canggih memotret di tempat minim cahaya.

  3. Bawa tripod bila perlu supaya hasil foto stabil dan bisa bergaya dari jauh (enggak cuma selfie, hehe ….)

  4. Hati-hati melangkah karena banyak kabel lampu.

  5. Jaga kebersihan dan kerapihan area Festival of Light, ya.


[caption id="" align="aligncenter" width="720"]festival of light monas week 2019 Mau pegang buntut flamingo :))[/caption]

Well, itu pengalaman asyik kami main ke Monas di malam hari menikmati Festival of Light. Mumpung masih berlangsung sampai 25 Agustus 2019, yuk ajak teman dan keluarga berkunjung ke Monas!


Festival of Light Monas Week 2019


Lokasi: Taman Selatan Kawasan Monas (masuk dari IRTI/ pintu seberang Perpusnas/ dekat halte busway Balai Kota)


Buka setiap hari (kecuali Senin) pukul 18.30 – 22.00 WIB


Terbuka untuk umum dan gratis


43 comments:

  1. Pengen lah saya balik ke sana lagi. Mau ajakin suami dan anak-anak. Biar bisa foto rame-rame atau gantian difotoin hehehe

    ReplyDelete
  2. Huhuhu, nyesellll aku lebaran lalu blum rejeki ke festival keren ini.
    Moga2 abis gini ada rejeki trip ke JKT lagi, daku mau ke sini aaahhh

    ReplyDelete
  3. Noted buat foto di wisata lampu kek gini emang mending menurut pada rulesnya ya

    ReplyDelete
  4. Yaaa kenapa gak sekalian jadi sampai 25 Agustus ya (ngarep).
    Kebayang bagusnya Monas di waktu malam dengan lampu warna-warni gtu, cakep.
    Wah iya kudu pakai baju terang biar keliatan pas difoto gtu.

    ReplyDelete
  5. Aku mau kesana ahh..pernah main ke Monas malam hari pas ada video mapping dan air mancur goyang. Nah kali ini boleh lah balik lagi liat lampionnya..

    ReplyDelete
  6. Yeay masih ada waktu sampai tanggal 23 Agustus ini. Kayaknya aku bakalan datang deh. Ngajak anakku dan dia pasti suka. Apalagi kami sudah lama nggak ke Monas :)

    ReplyDelete
  7. Wah masih ada waktu nih untuk ajak krucils kesana seneng banget pasti mereka. Tapi klo weekend pasti bakal puenuh banget ya...

    ReplyDelete
  8. Yup, sepakat sama mba Tanti.
    Untuk foto-foto di malam hari, kudu taat sama rules biar hasil foto lebih maksimal!

    ReplyDelete
  9. Wah Monas jadi semakin meriah ya dengan adanya festival ini..anak-anak excited banget dengan bentuk lampion yang beraneka..jadi ingat di Monjali Jogja yaa..

    ReplyDelete
  10. Wah Monas jadi semakin meriah ya dengan adanya festival ini..anak-anak excited banget dengan bentuk lampion yang beraneka..jadi ingat di Monjali Jogja yaa ada lampion juga..

    ReplyDelete
  11. keren banget, kreatif ya yang ngadain, bikin model lampionnya itu yang susah. Apalagi yang bentuk burung garuda itu, saya suka.
    Dan Desember nanti bakal ada video mapping, mupeng jadinya. Sayang jauh dari Jakarta, jadi nggak bisa mengunjungi ke sana

    ReplyDelete
  12. Cakep amat ini festival of light di Monas, aku belum ajak anakku kesana. Mau ajak dia kesana besok, semoga gak terlalu ramai ya disana, apalagi hari Minggu.

    ReplyDelete
  13. Di group WAG orangtua murid lagi bahas tentang Festival of Light di Monas ini. Cakep ya.. Warna-warni lampu dan lampionnya

    ReplyDelete
  14. Wah cuman sampe 25 Agustus ya. Aku masih bulan Oktober Jakarta nya. Semoga ada kapan2 bisalah liat Monas pas ada festival ini

    ReplyDelete
  15. Wahh asik banget SID main ke monas.. kepenen ngajak Nada kesaja juga ah.. makasih mba Infonya

    ReplyDelete
  16. Berarti kudu malem ya biar keliatan lampunya? Cakep banget dekoran lampunya. Itu nanti kalau udah pameran tetep di sana apa dibawa tempat lain mak?

    ReplyDelete
  17. Jadi indah bnget ya mba mau juga
    ajak anak2 kesana nti klo balik mondok mudah2an masih Ada ya,, keren lg hsil karyanya smakin bikin indah monas

    ReplyDelete
  18. Ya ampuun ini kece banget sih. Eh memang bagusnya main malam ya kalau ke Monas. Soalnya kalau siang terik banget. Lagian malam di Monas penuh cahaya.

    ReplyDelete
  19. Aku baru aja malam ini ke monas, MashaAllah seru banget ngeliat lampu-lampu menyala dan malam ini di monas rame nya gak nahan.

    ReplyDelete
  20. Aku loh beberapa kali ke Jakarta belum pernah ke Monas. Apalagi sampai tanggal 25 ada festival of light, kan jadi mupeng kesana. KEbetulan besok tanggal 21 Agustus aku ada acara di Rasuna Said. Jauh nggak sih kalo ke Monas, tapi kayaknya nggak bisa malam hari karena acara yang aku hadiri di Jakarta itu malam. Pagi aja deh ke Monas trus shalat di Masjid Istiqlal

    ReplyDelete
  21. Sekarang masyarakat ibu kota kalau mau liburan gak perlu pergi jauh-jauh ya...
    Ternyata di Monas pun bisa lihat festival yang sangat menarik. Lampunya cantik-cantik.

    ReplyDelete
  22. Coba hari senin mau kesana pasti ga rame kali yah pas hari kerja, soalnya kalo sabtu depan udah ke tutup. Aq terakhir ke monas 4 bulan yg lalu deh pas kerja di daerah monas makan siang selalu kesana hahaha

    ReplyDelete
  23. lighting nya cocok banget buat koleksi foto di ig

    ReplyDelete
  24. Keren-keren karya seninya. Kalau malam pasti indah. itu sampai kapan mbak Festivalnya?

    ReplyDelete
  25. Senin tgl 19 agustus saya ke monas tapi tutup karena tiap senin ternyata maintenance. Padahal dah semangat habis pulang kantor melihat festival ini.

    ReplyDelete
  26. Gak ikutan liat ke Festival keren ini, tepar di rumah hiks. Semoga tahun depan ada lagi ya Ibu Sid. Apalagi dari info teman2 Pak Gondrong ini gratis yak, hanya bayar tiket masuk Monas.

    ReplyDelete
  27. Seketika area sekitar Monas meriah dengan gempita kerlap kerlip lampu dari Festival of Light Monas Week 2019

    ReplyDelete
  28. Kalau Salfa dibawa ke sini pasti senang
    Khawatirnya malah ga mau pulang saking senangnya
    Apalagi banyak bentuk bentuk menarik

    ReplyDelete
  29. Aku belum pernah ke monas lho len padahal udah beberapa kali ke jakarta. Jadi tambah pingin dengan adanya festival of light ini

    ReplyDelete
  30. Dari jaman kecil ga pernah aku tuh kesampaian naik ke atas monas. Padahal pengen banget deh.

    ReplyDelete
  31. Pemandangan indah di malam hari yang bertaburan cahaya, sayang sekali kalau masih banyak orang yang belum bisa menjaga keindahan yang ada ya. Masa keindahan itu berakhir di tangan mereka yang iseng.
    Saya baru bisa lihat indahnya festival of lights Monas dari artikel Mama Sid :) semoga tahun depan ada lagi.

    ReplyDelete
  32. Fokus pada tips pertama.nih aku hahahaha Pakai pakaian dengan warna terang supaya hasil foto di kegelapan lebih jelas terlihat. Nah iya akan sayang ya datang ke gelaran kece tapi foto nggak maksimal kan.

    ReplyDelete
  33. Efek kebanyakan acara, aku sampai lupa untuk main kesini dan tadi malam terakhir. Hiiikkkssss... Semoga nanti ada lagi ya, biar gak kelewat nanti mau pasang reminder ah kalau ada lagi.

    ReplyDelete
  34. Udah selesai ya ini eventnya dan kabarnya rame banget. Jadi pengen nungguin event Monas Week berikutnya :)

    ReplyDelete
  35. Baru tau ada yang beginian di Monas! menarik banget dah ah!

    ReplyDelete
  36. Kerennya! Tapi aku telat euy taunya, sekarang udah 27 Agustus :((

    Moga next time diadain lagiii.

    ReplyDelete
  37. Kece kece ya .. dan ini festival permanen ya bukan sementara.. jadi mau ke sini kapan pun bisa

    ReplyDelete
  38. Sayang pas baca ini,eventnya udah selesai,pasti seru banget yak

    ReplyDelete
  39. Duuuh aku nyesel banget nih gak sempat main ke sini pas acaranya berlangsung
    Beberapa kali udah ngerencanain, adaaaa aja acara lain yang gak bisa ditinggalkan
    Padahal penasaran banget pengen menikmati gemerlap lampu-lampu cantik di monas ini

    ReplyDelete
  40. Waktu ngajak krucils ke monas sebelum ada acara ini, mereka happy bangeettt. Apalagi klo pas acara ini aku ajak lagi mereka ke monas ya... pasti bakal tambah happy

    ReplyDelete
  41. Keren banget yah Mbak pasti ke festival Monas malam-malam. Apalagi pas musim panas sekarang.

    ReplyDelete
  42. festival of light bagusnya memang malam, mas, karena lampunya cantiiiik

    ReplyDelete

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...