Sunday, March 3, 2019

Yang Berbeda dari Big Bad Wolf 2019 Jakarta (BBW 2019)

Big Bad Wolf Jakarta 2019 Book Sale datang lagi di ICE BSD City. Ini tahun ketiga kami berkunjung ke bazar buku terbesar di Indonesia, ter-non-stop buka 24 jam, dan ter-membuat kalap belanja. Ho ho … Namun, ada yang berbeda dari BBW 2019 Jakarta kali ini.




[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]bbw 2019 jakarta Welcome to Big Bad Wolf 2019 Jakarta[/caption]


Big Bad Wolf (BBW) Jakarta 2019 adalah bazar buku yang:


💸 DISKON 60% - 80%
🔥 BUKA 24 JAM NON-STOP
📍 ICE, BSD CITY (Hall 7 – 10)
🕐 1-11 MARET
🛍 GRATIS MASUK GEDUNG


Datang ke BBW menjadi agenda rutin tahunan kami. Saya bisa tahan melihat diskon baju atau sepatu. Tetapi melihat diskonan buku, duh, saya lemah …. Bawaannya ingin masukkan ke troli padahal belum tentu dibaca.


Berhubung ini sudah tahun ketiga kami ke BBW, terasa lebih kalem dan terkendali. Enggak seperti 2017 saat pertama kali datang. Astaghfirullah, rasanya enggak mau pulang. Bukunya menggoda mata, memanggil-manggil untuk dibaca. Sampai-sampai ke sana 2-3x selama BBW.


Baca: 21 Tips Bahagia Belanja di Big Bad Wolf


Kali ini, saya datang di saat hari pertama BBW 2019 Jakarta buka, tepatnya 1 Maret 2019. Niatnya mau datang saat preview sale tanggal 28 Februari 2019 tetapi masih ngurus PR, jadinya tertunda sehari. Sebenarnya datang sehari sebelum buka itu menarik, koleksinya masih lengkap. Meski, jastipers biasanya berbondong-bondong di preview sale dan antreannya mengular.


Big Bad Wolf Jakarta 2019 ini nampak banyak perbedaan dibanding BBW tahun sebelumnya. Dari pemantauan saya, inilah hal-hal yang berubah dari BBW 2019 Jakarta:





  1. Kerja sama BCA




Ini perbedaan paling mencolok, kalau tahun lalu BBW bekerja sama dengan Bank Mandiri, sekarang dengan BCA. Promo pembayaran kartu kredit, tukar poin, dan sebagainya ya untuk pengguna BCA. Untuk pembayaran makanan di food court tetap cashless dengan Flazz, debit BCA, atau beli kartu di kasir food court.





  1. Banyak booth bazar




Tenant yang open table di selasar hall BBW 2019 semakin banyak dan beragam. Ada yang jual makanan, minuman, properti, sampai paket liburan seperti Taman Safari Indonesia (TSI). Eh, di sini juga tersedia fasilitas naik kuda poni dari TSI.


Di dalam area BBW pun ada booth-booth penerbit tertentu, selain sponsor ya. Contohnya, board game tentang traveller itu satu meja sendiri untuk display produknya, lengkap dengan banner dan SPG. Tidak dicampur di meja lain.




[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]cara ke bbw jakarta 2019 Board game di BBW 2019[/caption]


  1. Layout buku berubah




Biasanya bagian buku anak memanjang dari hall 7 sampai 9 tetapi kali ini layout-nya berubah. Bagian buku anak makin dekat ke kasir. Food court dan playground ada di pojok yang jauh dari pintu masuk, bukan lagi di sebelah kiri (Hall 7).





  1. Ada playground




Kepikiran mau bawa anak ke BBW tapi takut bosan atau pegel? BBW menyediakan playground seperti inflatable balloon untuk anak-anak bermain selama menunggu orang tua belanja. Saya tidak sempat mengecek harganya karena berbahaya nih kalau SID dekat playground, nanti dia makin susah pulang. Hehe ….


Baca juga: Review Sipopo Kids Essential Oil Bye Cough & Flu dan Sleep Well


Sarapan Gizi Seimbang Sebelum ke BBW


Btw, playground sempat ada di tahun 2017. Setahun kemudian, enggak ada. Kali ini, muncul lagi nih si playground. Letaknya tepat di samping food court.




[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]food court di big bad wolf jakarta Food court dengan menu variatif, harga rata-rata 30ribu rupiah[/caption]


  1. Ada dongeng




Saat berkeliling BBW Jakarta, saya mendengar pemberitahuan bahwa 10 menit lagi sesi mendengarkan dongeng akan dimulai di hall 9. Oh, ada dongeng juga, tho. Sesi dongeng ini sering beberapa kali ada. Ya lumayan untuk hiburan anak-anak.





  1. Semakin banyak produk non-buku




[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]bbw jakarta 2019 Boneka lucu di BBW 2019[/caption]

Di BBW dapat kita jumpai jutaan buku tetapi book sale tidak melulu tentang buku. BBW juga menjual poster, merchandise BBW, pin, tas, dan lain sebagainya. Bedanya, tahun ini semakin banyak produk non-buku dibanding tahun lalu. Di dekat buku berbahasa Indonesia, terdapat boneka, tas sekolah, kotak pensil, dan barang-barang menggemaskan lainnya yang juga dijual. Kalau diamat-amati, harganya lumayan juga, lho. Hemat beli buku BBW diskon 60-80%, tapi anggaran bisa bocor melihat perlengkapan sekolah yang lucu di sini.


Baca: Bawa Kalkulator ke Big Bad Wolf Jakarta





  1. Buku ajaib




Big bad wolf menjual seri board book untuk anak-anak dari Little Hippo. Seri buku ini disebut “Buku Ajaib” karena menggabungkan buku dengan teknologi augmented reality (AR) yang membuat karakter di bukunya tampak hidup. Ada 13 judul buku @Rp90.000,00 dan promo beli 7 gratis 1 untuk nasabah BCA.




[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]big bad wolf jakarta 2019 Buku ajaib Little Hippo[/caption]

Itulah kira-kira yang berubah dari perhelatan BBW 2019 di ICE BSD City. Bisa dibilang ini kunjungan tersingkat saya di BBW, hanya sekitar 3 jam. Biasanya sampai disuruh pulang sama suami. Ha ha ….


Tumben, nih, SID tidak minta dibacakan banyak buku. Dari awal memang saya bilang bahwa kita akan ke bazar buku untuk membeli buku stiker. Bahkan ketika saya tengok buku-buku lain, ia langsung mengingatkan, “Ibu, fokus. Kita mau cari buku stiker!”


Baca juga: Big Bad Wolf Jakarta 2018 Makin Auuwsome!



Belanja Buku Lokal di BBW 2019


Tahun ini kami tak lagi melewati area board book karena SID kurang tertarik dengan tipe buku seperti ini lagi. Seleranya lebih ke activity book apalagi yang ada stikernya. Kalau coloring book, dia belum berminat. Maka, selama ke BBW 2019 kami lebih banyak di bagian activity book.


Menurut saya, pilihan activity book untuk usia dini tidak semenarik tahun lalu (termasuk buku stiker). Beberapa activity book cocok untuk anak usia sekolah yang mau belajar berhitung dan membaca dalam bahasa Inggris.




[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]tiket big bad wolf 2019 Big Bad Wolf 2019 Jakarta dipotret dari mushola hall 5 lantai M[/caption]

Justru, kami menikmati belanja di deretan buku lokal yang harganya murah meriah bahagia. Board book bahasa Indonesia 20-35ribu rupiah, buku KKPK 15ribu rupiah, bahkan ada satu buku cerita harganya 9000 rupiah. Lumayan lah dapat banyak buku lokal berkualitas untuk bacaan di rumah maupun stok kado.


Baca juga: Belajar Uang untuk Anak SD

Trus, yang membuat bahagia yaitu kasirnya enggak antre sama sekali. Kasir 1-12 untuk transaksi tunai, sedangkan sisanya untuk transaksi non-tunai. Oke ... mari pulang dan membaca buku bersama anak.


Anyway, thank you BBW Jakarta 2019!


8 comments:

  1. Duhhhhhhh bakalan kalap kalau main kesini. Bakalan main beli aja buku bukunya. Ujungnya setahun kemudia baru dibaca bukunya

    ReplyDelete
  2. TFS mba. Jadi makin semangat pengen ke BBW lg sama jagoan2 ku salam kenal yaa ...

    ReplyDelete
  3. Tahun 2018 aku skip BBW gegara anggarannya ketarik buat persiapan nikah. Sekarang dah aman, tapi nggak kesana. Jastip ajaaaaa. Hehehehe... SID rajin2 baca ya biar tambah pinter

    ReplyDelete
  4. wakakaka, samaaa. Aku pun kadang 2 tahun kemudian si buku baru berguna.

    ReplyDelete
  5. tetep yaaa jastip, hahahah
    aamiin... thanks cha

    ReplyDelete
  6. Aku bahagia melihat banyak pengunjung/pembeli di BBW. Berarti masih bantam yg suka baca

    ReplyDelete
  7. nggak sabar nunggu september di surabaya

    ReplyDelete

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...