Tuesday, June 18, 2019

Makna Logo Wonderful Indonesia Terbaru [GIVEAWAY]

Jika sedang bepergian ke luar negeri, coba perhatikan public transportation-nya. Siapa tahu menemukan gambar Wonderful Indonesia di sana. Logo Wonderful Indonesia mudah dijumpai di media promosi dalam negeri. Logo ini juga wara-wiri di transportasi publik di luar negeri, lho. Sebut saja bus di Sydney, minibus di Singapura, trem di Berlin, dan taksi di London yang bertema Wonderful Indonesia. Kita sudah sering melihat lambang Wonderful Indonesia namun sudah tahukah makna di baliknya?


makna logo wonderful indonesia terbaru

Indonesia punya 100 event Wonderful Indonesia selama tahun 2019 (cek di sini). Beragam banget event pariwisata Indonesia yang menonjolkan 5 pesona Indonesia, yaitu:




  1. Nature, scenic landscape & wildlife

  2. Culinary & wellness

  3. Arts, culture, & heritage

  4. Recreation & leisure

  5. Adventures


Melalui promosi di berbagai media di dalam maupun luar negeri, harapannya makin banyak wisatawan yang tertarik berlibur ke Indonesia.


Baca juga: Museum Maritim Jakarta


Logo Wonderful Indonesia Terbaru


Minggu lalu waktu melihat logo Wonderful Indonesia di taksi kok ada yang berbeda. Warna burung garuda nampak lebih cerah. Ternyata itu adalah logo baru Wonderful Indonesia.


Kalau googling gambar “logo wonderful Indonesia baru” hasilnya masih tercampur dengan logo yang lama. Ada yang garuda-nya masih di sebelah kiri padahal logo terbaru si burung di sebelah kanan. Perhatikan pula warna sayapnya, berbeda antara logo lama dengan logo baru. Logo Wonderful Indonesia memang mengalami perubahan dari tahun ke tahun sejak dicanangkan pada 2008 lalu.




[caption id="" align="aligncenter" width="720"]Logo wonderful indonesia 2019 Logo Wonderful Indonesia Terbaru[/caption]

Logo Wonderful Indonesia memiliki makna mendalam, lho. Burung garuda ini melambangkan persahabatan dan kerukunan antar tiap masyarakat Indonesia. Sayap yang membentang dan memiliki lima komponen warna yang berbeda ini melambangkan keterbukaan dengan arti warna:




  • Hijau melambangkan kreativitas, lingkungan yang alami dan ramah, serta penjajaran (alignment)

  • Ungu melambangkan kreativitas, lingkungan yang alami dan ramah, serta penjajaran (alignment)

  • Oranye melambangkan imajinasi, sistem kepercayaan, dan kesatuan fisik & mental

  • Biru melambangkan inovasi, semangat peremajaan, dan keterbukaan

  • Magenta melambangkan keseimbangan, akal sehat, dan sifat praktis


Tata Cara Penggunaan Logo Wonderful Indonesia


Dalam menggunakan logo Wonderful Indonesia ada kaidahnya, enggak boleh asal tempel saja, ya. Logo ini terdiri dari dua komponen, logogram (gambar garuda) dan logotype (tulisan wonderful Indonesia). Pada media apa pun, dalam penerapannya, kedua komponen ini tidak boleh dipisahkan.




[caption id="" align="aligncenter" width="875"]makna logo wonderful indonesia baru Logo primer (kiri) dan logo horizontal (kanan)[/caption]

Beda media, beda pula jenis logo yang digunakan. Penjelasannya sebagai berikut:




  • Logo primer untuk call to action pada semua materi komunikasi, misalnya ATK, media cetak, media online, media elektronik, poster, atau merchandise.

  • Logo horizontal untuk media yang berukuran ekstrem atau tidak konvensional, seperti tulang belakang buku, spanduk, atau papan iklan horizontal besar.


Paling oke, sih, logo baru Wonderful Indonesia diletakkan dengan latar putih supaya warna-warninya semakin cerah. Namun, bila versi penuh warna tidak dapat digunakan, ada pilihan lain seperti versi gradien, latar belakang terang, dan monokrom.


Baca juga: Melepas Rindu di Pantai Klayar Pacitan



Pesona Indonesia dalam Empat Kata


Lewat logo Wonderful Indonesia, Kementrian Pariwisata RI ingin menunjukkan pesona Indonesia dalam empat kata, yaitu:




  1. Enchanting Spirit: karismatik, ajaib, hidup, bersahaja, ramah.

  2. Exciting: santai, sepenuh hati, mendorong emosi dan memotivasi sambil menambah keseruan pengalaman.

  3. Magnificent: luar biasa, elegan, mengagumkan, penuh perasaan.

  4. Expressive: jujur, spontan, menarik, dan sangat artistik.


wonderful indonesia

Begitupun yang saya rasakan tentang Indonesia. Traveling ke kota-kota baru di Indonesia menawarkan pengalaman tak terlupakan. Teman baru, belajar bahasa dan budaya baru, menyicipi masakan yang berbeda dari biasanya, dan kekayaan alam yang luar biasa. Yuk, merencanakan liburan ke wonderful Indonesia!



*** GIVEAWAY ***


Myfoottrip mau bagi-bagi sepaket official merchandise Wonderful Indonesia yang terdiri dari:


❤️Ransel Backpackeren
❤️Canvas Tote Bagus pisan
❤️Steel Tumblrin aja
❤️Exclusive Book Kopilah yang terbaik
❤️Strap Kamerapih banget
❤️Nano Blockece


Caranya klik DI SINI, ya!

45 comments:

  1. Senang banget jadi tahu tentang makna di balik logi wonderful Indonesia. Aku kira hanya sekedar warna saja. Heheh

    ReplyDelete
  2. Baru tahu kalau logo wonderful Indonesia ada di London dan negara2 lain, keren bangett ya, kirain hanya bisa di Indonesia aja. Dan logo yang colourful ini ternyata menyimpan makna ya di setiap warnanya..

    ReplyDelete
  3. Event WI banyak banget. Logonya ini kayaknya bertahan lama ya? Logonya khas jadi gampang dikenali meski kecil aja di banner kolaborasi. Keren!

    ReplyDelete
  4. Wah... Banggalah kita ya sebagai pemilik Indonesia. Aiih.

    Jadi tau arti warna dalam logonya. Makasih Mbak Say.

    ReplyDelete
  5. Wonderful Indonesia bikin kita kian bangga!! Semoga IND makin cihuy di mata dunia

    ReplyDelete
  6. Wooo, ternyata setiap warna ada filosofinya ya. Aku pikir selama ini hanya untuk menggambarkan Indonesia yang beragam saja. Nah, kalau GA-nya aku belum ikutan. Coba aku klik deh, sapa tahu rejeki dapat backpack-nya.

    ReplyDelete
  7. Mom Syd maaf..itu hijau dan ungu punya makna sama ya? Btw, bangga dan suka banget dengan logo baru nya Wonderful Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Warna warni bermakna baik, cakep juga logo barunya. Semoga pariwisata Indonesia semakin maju

    ReplyDelete
  9. Banyak sekali filosofi yang terkandung di dalam logo Wonderful Indonesia ini yaaa...
    Indonesia luar biasa berbenah untuk urusan pariwisata nih dari tahun ke tahun. Semoga pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata pun makin meningkat ya.

    ReplyDelete
  10. Ternyata maknanya dalam ya tak sekadar logo, semoga harga tiket pesawat bisa terjangkau biar bisa piknik lagi huhu..

    ReplyDelete
  11. Oalah...jadi maksud simbol burung garuda itu melambangkan persahabatan dan kerukunan antar tiap masyarakat toh. Kirain melambangkan bebas terbang yg artinya harga tiket pesawat bakal jadi murah, hehe

    ReplyDelete
  12. Nah aku sempat pernah ikutan acaranya Kemenpar 3 hari tuh waktu bahas 10 destinasi baru, di dalamnya dijelaskan juga arti logonya. Aku perhatikan deh nanti dimana-mana logonya. Meluncur ke kuisnya ah

    ReplyDelete
  13. Bagus logonya..menggambarkan Indonesia banget. Mau sekalian ah ikutan giveaway nya.

    ReplyDelete
  14. Maknanya keren banget ya, dan aku baru tahu kalo logo Wonderful Indonesia ini udah ada juga di Sidney dan negara lain. Cuma dua kali ke luar negeri, waktu ibadah haji dan ke Malaysia. Trus nggak ngeh juga dengan logo tersebut bisa ditemukan di luar negeri. Semoga makin sukses wisata di Indonesia ya

    ReplyDelete
  15. Kementrian Pariwisata keren nih bisa bikin konsep branding yang terencana dan detail. Dari logo wonderfull indonesia ini udah kelihatan betapa seriusnya pemerintah memajukan pariwisata Indonesia. Logonya bagus!

    ReplyDelete
  16. Awal mula tahu tentang logo WI ini susah untuk mengingat makna dari tiap warnanya. Pas itu masih logo lama, terus di daerah kami ada event, logo udah berubah. Terus saya masih pakai logo lama, untungnya baru share di WAG belum dicetak, jadi segera direvisi.


    Makna dari logo WI memang luar biasa. Mengandung seluruh unsur-unsur pesona yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Baru tahu kalau logo "Wonderful Indonesia" itu mengalami perubahan dari tahun ke tahun.
    Sekilas, tampak sama, menurutku ^^

    Memang pariwisata kudu digarap serius, in every detail ya, biar greget!
    ... dan aku harap bukan hanya di nasional namun juga di lokal.
    ... dan bukan sekedar tagline semata!

    ReplyDelete
  18. Logo Wonderful Indonesia ini menjadi salah satu branding yang tertinggi kenaikannya dibanding branding negara lainnya di Asia. Mengalahkan Malaysia, Singapura dan Thailand.

    ReplyDelete
  19. Aku baru tau makna logo wonderful Indonesia setelah baca artikel ij ni. Padahal pas jalan ke ln liat logo ini pas pameran Internasional

    ReplyDelete
  20. Yeay sudah ikutan
    Jawab UNGU dan MAGENTA
    Semoga beruntung dapat bagian jadi pemenang, hehe

    ReplyDelete
  21. wah selamat untuk Wonderful Indonesia.. logonya semakin cakep dan maknanya juga keren... semoga semakin banyak orang yang tahu ttg logo baru ini ya..

    ReplyDelete
  22. Mbak, sungguh saya baru tahu dan ngeh kalau bentuk logonya itu burung garuda, kupikir semacam ukiran kayak ukiran batik :D
    saya pun juga jadi tahu maknanya nih.

    ReplyDelete
  23. Ohh baru tau makna logo Wonderful Indonesia, padahal sering lihat logonya yak. Cakep logonya, Indonesia banget !

    ReplyDelete
  24. Selama ini kalau lihat logo wonderful Indonesia cuma sekilas lewat saja. Nggak pernah merhatiin bener-bener. Ternayata keren banget makna yang terkandung didalamnya. Aku juga ikutan giveaway-nya nih. Semoga menang. Berdoa kenceng. Hadiahnya keren sih hehe

    ReplyDelete
  25. Saya malah gak pernah merhatiin logo logo apapun hihi bagus logo barunya wonderful Indonesia ya, begitu juga dengan maknanya. Moga pariwisata Indonesia makin maju ya. Aamiin

    ReplyDelete
  26. Logo Wonderful Indonesia ternyata mempunyai makna yang mendalam ya, mba.
    Demikian juga pemasangannya, ga boleh asal comot logonya aja, harus sepaket dengan tulisannya.
    Semoga logo baru ini semakin menarik mata yang melihat dan mengeksplores Indonesia.

    ReplyDelete
  27. Dari dulu saya suka logo Wonderfil Indonesia, bikin bangga saja sebagai orang Indonesia. Logonya cakep dan kaya warna, juga unik tampilannya. Tapi saya tidak tahu makna di baliknya. Cuma sekadar lihat dan suka saja, ha ha.
    Senang logo itu memiliki nilai filosofi, bahkan dari paduan warnanya. Indonesia ,memang kaya warna berkat percampuran budaya berikut ditunjan alam dan masyarakatnya.
    So wonderful.

    ReplyDelete
  28. Warna hijau dan ungu maknanya sama, ya? Jadinya ini burung garuda atau cendrawasih?
    Semoga sukses giveawaynya ya...

    ReplyDelete
  29. done ikutan kuisnya MAk Sid, cakep yah logo barunya warna-warnanya juga dipadupadankan dengan filosofi dan makna tersendiri semoga aku beruntung yang menang hahaha

    ReplyDelete
  30. Logonyacakep dan menurut au eye catching , ternyata iosofinya juga dalem ya.
    Makin membawa energi yang baik bagi pariwisata kita ya

    ReplyDelete
  31. Selama ini udah sering lihat logo wonderful Indonesia, tapi gak mengerti dengan makna yang ada di logo tersebut. Ternyata banyak arti yang tersirat dari setiap detil di logo tersebut ya..

    ReplyDelete
  32. tiap logo memang ada filosofinya ya mba. Aku jadi tertarik mau ikut giveaway nya.

    ReplyDelete
  33. Beneran sekilas tampak sama kalau ga dikasih tahu mana aja warna yang berubah dan ada tebak-tebakan Giveaway ini aku ga bakal ngeh loh...

    ReplyDelete
  34. Bukan sembarang burung dan sembarang warnaaa ya mba. Semoga pariwisata Indonesia makin maju dengan tetap menjaga kelestarian alam, budaya dan tradisi

    ReplyDelete
  35. Aku malah baru tahu kalau logo Wonderful Indonesia sudah diganti. Logonya gonjrengs cakep!

    Makna dibalik setiap warnanya juga oke banget! Warna biru lebih dominan yaa, jd inovasi, semangat peremajaan dan keterbukaannya lebih diunggulkan?

    ReplyDelete
  36. Semoga pariwisata Indonesia semakin maju, semakin berkembang dan tidak terkena dampak yg buruk dr akulturasi eh westernisasi ya...bisa mempertahankan nilai2 luhur budaya bangsa dan agamanya.

    ReplyDelete
  37. Buat logo itu gak sembarangan asal gambar ya, harus memikirkan maknanya dari setiap sudut supaya cocok dengan brand yang dibawanya

    ReplyDelete
  38. Empat kata yang powerful dibalik makna logo Wonderful Indonesia ya. Keren. Semoga Indonesia semakin berjaya dan dibanggakan baik di dalam negeri, maupun di luar negeri.

    ReplyDelete
  39. Jadi tau tentang makna logonya ini deh. Kemarin banyak yang ngadain giveawaynya. Harusnya baca postingan ini ya supaya bener jawabnya hehe

    ReplyDelete
  40. Logo Wonderful Indonesia ini memang eye-catching sekali...
    Aku salut sama yang design.
    Indonesia banget.

    Ini ada GA nya yaa..
    Mau ikuuutt~

    ReplyDelete
  41. waah, mbak helena bikin giveaway, aku ikutan ahh~~ aku suka deh logo wonderful indonesia ini, coretan warna yang berbentuk <3

    ReplyDelete
  42. Logo Wonderful Indonesia yang sekarang lebih eye catching ya. Maknanya juga keren, menggambarkan Indonesia yang sesungguhnya, indah, eksotik, keberagaman. Ah, semoga Indonesia tercinta ini terus maju ya

    ReplyDelete

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...