Saturday, May 6, 2017

Keliling Ancol Gratis Naik Bus Wara-Wiri

Rute Bus Wara-Wiri Ancol - Letak Taman Impian Jaya Ancol tidak terlalu jauh dari rumah. Tapi mikir mau ke sana bakal jadi liburan mahal. Bayangin aja berapa tiket masuk Seaworld, Dufan, Atlantis, Gondola, dan wahana seru lainnya. Saat saya kuliah dulu masih merasakan tiket masuk Ancol hanya 10ribu rupiah. Dufan juga ada promo 80ribu rupiah. Hiburan banget buat mahasiswi perantau macem saya dan teman-teman.


Aih, pikiran saya ini akibat kurang update alias kudet. Liburan ke Ancol bisa menjadi alternatif liburan dengan budget terjangkau. Buat keluarga dengan balita seperti keluarga kami, berlibur ke Ancol bisa hemat, lho. Caranya... baca di bawah ini ya.


Moda transportasi ke Ancol banyak ragamnya. Bisa naik kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bila membawa mobil, biaya masuknya Rp25.000,- sedangkan motor Rp15.000,-. Akan tetapi kami memilih naik bus TransJakarta, salah satunya jurusan Kampung Melayu – Ancol, dengan tarif Rp3500,-/orang. Bus TransJ memang menjadi favorit karena biayanya murah dan bisa keliling Jakarta (asalkan tidak keluar halte). Kami turun di halte terakhir yaitu Ancol. Letaknya di dalam Taman Impian Jaya Ancol.


Baca juga Wonderful Indonesia (GIVEAWAY)


Keluar dari halte TransJ, kami naik ke tempat pembelian tiket masuk Ancol. Harga tiketnya Rp25000,-/orang. Buat anak usia 2 tahun ke atas harus membeli tiket. Untunglah Sid belum 2 th, masih free 😃. Dari sini kami masuk ke Ancol.


Buat keliling Ancol dari satu spot ke spot yang lain, tersedia Bus Wara-Wiri. Fasilitas bus ini gratis. Di dekat loket masuk Ancol ada shelternya. Di sini tersedia peta rute bus. Rute terbagi 2 yaitu biru (selatan) dan merah (utara). Rinciannya yaitu:




[caption id="attachment_1722" align="aligncenter" width="720"] Peta Rute Bus Wara Wiri di Ancol (pic imeldatonny)[/caption]

Rute Utara:




  • Marina

  • Pantai Indah

  • Monumen

  • Gerbang Timur

  • Ancol Lagoon 1

  • Ancol Lagoon 2

  • Carnaval


Rute Selatan:




  • Gerbang Barat

  • Busway/halte transjakarta

  • Dufan

  • Ecopark

  • Ecovention

  • Pasar Seni

  • Monumen

  • Samudra/Atlantis


Dari halte busway, tujuan saya mau ke Dufan buat ketemu kakak yang lagi liburan setelah itu lanjut ke pantai. Ternyata kakak masih kena macet. Yaudah deh kami ke pantai dulu aja. Nah, saya ga tau pantai mana yang bagus, pokoknya pantai dulu deh. Hahaha. Jadi saat ada bus datang dan satpam berteriak, “Pantai... Pantai...”, saya langsung naik.


Baca juga: Tips Liburan Bareng Pasangan


Bentuk luar bus seperti bus pariwisata biasa atau sebesar bus TransJ. Tidak semua bus bertuliskan “Wara-Wiri”. Selain itu tanda rute biru atau merah juga kurang jelas sehingga saya ragu mau naik. Takut salah bus. Kalau ada satpam sih enak bisa nanya. Atau langsung nanya ke sopir apa lewat rute yang kita inginkan.




[caption id="attachment_1720" align="aligncenter" width="896"] Di dalam bus wara wiri ancol[/caption]

 

[caption id="attachment_1721" align="aligncenter" width="896"] Kosong! serasa carter bus[/caption]

Mungkin karena saat itu weekday, penumpang bus terlihat lengang. Katanya sih weekend bisa padat dan antri naik. Alhamdulillah bisa ngadem sebentar di bus sambil melihat Ancol.


Bus Wara-Wiri ga berhenti di tiap halte. Pak sopir akan bertanya siapa yang mau turun di halte itu. Kalau ada yang jawab, ya berhenti. Kalau ga ada yang mau turun dan ga ada penumpang yang akan naik, bus lanjut. Jadi siap-siap turun di halte tujuan supaya ga kelewatan.


Baca juga 5 Tempat Fitness Gratis di Jakarta


Karena rutenya dibagi 2, ada halte buat transit yaitu halte monumen. Cirinya ada monumen di tengah danau (atau kolam gede?). Nah, Pak Sopir menyebut, “Pantai, siapa yang mau ke pantai turun sini.”. Tapi saya heran wong ga ada pantai kok dibilang pantai. Heuuu ternyata maksudnya ini tempat transit kalau mau ke pantai. Teng tong... Saya jadinya turun 1 halte setelahnya, tepatnya di dekat loket Gondola.


Yaweslah ga jadi ke pantai. Saya dan Sid main aja di area Monumen. Di sana ada alat olahraga/fitness outdoor seperti sepeda, double swing, dll. Kalau menyusuri area ini, di sepanjang jalan ada banyak permainan anak seperti ayunan, jaring laba-laba, dsb. Buat yang galau juga gpp sih duduk di ayunan sambil melamun. By the way, enaknya main ke Ancol saat weekday ya sepi, ga rebutan mainan. Hohoho.




[caption id="attachment_1718" align="aligncenter" width="896"] main ayunan di area monumen ancol[/caption]

 

[caption id="attachment_1719" align="aligncenter" width="896"] banyak alat fitness outdoor[/caption]

Baca juga: Hunting Foto Malam Hari Pakai OPPO F11 Pro


Berhubung cuaca makin memanas dan saya udah dapat kabar kalau kakak sampai Ancol, kami naik Bus Wara-Wiri lagi ke arah Dufan (rute biru). Waktu itu saya masih ga paham dengan rute bus dan sayangnya ga semua halte ada petunjuk peta rute bus. Huhuhu... Jadi saat ada bus lewat, saya nanya dulu ke sopir supaya ga salah arah.


Sampai di Dufan, tepatnya loket Dufan, kami mendapat rezeki anak sholeh-sholehah. Ceritanya ada di “Mendadak Ke Dufan”.

46 comments:

  1. Aku blm pernah masuk dufan len, coba ajak aku wkt itu biar dpt rejeki jg. Hahaha.

    ReplyDelete
  2. Waah... Pengen ke dufan. Klo ke ancol mah saya pernH sekali aja pas kunjungan lapangan saat msh kuliah dulu. Hehe

    ReplyDelete
  3. Sekarang enak kalau masuk Ancol mau kemana aja tinggal naik wara wiri dulu zaman aku SMP harus jalan kaki lumayan jauh.

    ReplyDelete
  4. Sudah lama ga ada acara blogger di Dufan nih. Kompasiana dulu yg suka ngadain. Ah jadi kangen...

    ReplyDelete
  5. seru yaa kalau Dufan undang blogger buat event di sana *eh ngarep

    ReplyDelete
  6. duluuu aku naik taksi karena nge-blank saat di ancol. Mahal deh

    ReplyDelete
  7. yuk yuk ke Ancol sama anak-anak. Seneng deh bisa main pasir

    ReplyDelete
  8. Yaaah padahal masih ada tiket sisa lho. Maska bakal seneng tuh main seharian di sana

    ReplyDelete
  9. Aku tahu!

    Pasti kejutan rezekinya berupa tiket gratis masuk Dufan, kan? ^^

    ReplyDelete
  10. Wahhh sekarang di Ancol udah enak yahh ada bus wara wirinya..

    Ayukk Mama Sid kita liburan bareng kesana lagi sama anak2..

    ReplyDelete
  11. Pantainya panaass..
    Enaknya nongkrong di cafe deket situ, mba..
    Persis kaya aku sama anak-anak.
    Niatnya main, tapi gak bertahan lama...karena teriknya Jakarta kebangetan.

    Heuu~~
    Melipirlah kita...

    Sepi gini, enakan sambil baca buku yaa, mba..
    Damaaaiii.

    ReplyDelete
  12. Aku jarang banget ke Ancol, mba. Aksesnya jauh dan panas . Tapi jadi tau nih kalau ada bus khusus . Makasih mba

    ReplyDelete
  13. Aku dulu pernah ke dufan. Tapi cuma singgah ke tempat makannya doang. Acara kantor sih. Pingin banget padahal main2 di wahana permainannua terus keliling kaya kamu, helen. Pinginnya pakai banget. Hihihi

    ReplyDelete
  14. Baru tau ada bus ini. Aku ke Anco sekali doank, itu pun krn piknik ke Dufan dibiayain kantor hahaahaha, entah apan ke sana lagi T.T

    ReplyDelete
  15. Aku pernah ke ancol sekali doang mba Helen, waktu kecil Sekarang udah bagus gitu. Duh kapan bisa main ke sana lagi :-D

    ReplyDelete
  16. Kalo kepengen pantai carnaval Harus transit bus wara wiri mirip naik busway Tapi gratis

    ReplyDelete
  17. Melihat Sid di ayunan pingin juga kamingsun ke Ancol .

    ReplyDelete
  18. Waaa aku belum pernah nyoba bus wara wiri.. Asik ya kalo kosong gitu mba len.. :D Yg bikin Ancol kerasa mahal wahana2nya itu ya mba, tp kalo gak masuk masih bisa jg nikmatin yg gratisan tp tetep asik dan anak seneng.. :D

    ReplyDelete
  19. iyaak wahananya emang mihil tapi main di pantai aja udah bikin anak seneng, ko

    ReplyDelete
  20. […] baca juga: Keliling Ancol Gratis Naik Bus Wara-Wiri […]

    ReplyDelete
  21. hahay, yuk sama Bilqis main pasir

    ReplyDelete
  22. yes, pake transit-transit sesuai rute. Bisa hemat banget, mpo. daripada naik taksi atau ojek

    ReplyDelete
  23. iya Ancol makin bagus, fasilitasnya banyaak terutama pilihan main di pantai

    ReplyDelete
  24. gampang kan dari Depok, bisa naik kereta atau bus TransJ

    ReplyDelete
  25. hihi... lumayan yak dari Aceh ke sini. Masukin wishlist dulu deh

    ReplyDelete
  26. sebenarnya berharap mendung supaya bisa asik main tapi emang cuaca lagi panas di sana. Sid aja ganti baju karena bermandikan keringat

    ReplyDelete
  27. boleeeh, yuk ajak anak-anak supaya makin seru bermainnya

    ReplyDelete
  28. seru bangettt sid liburan ke ancolnya..liburan ke ancol jg gak bs cukup seharian ya kalau kita kelilingin semua wahananya :)

    ReplyDelete
  29. xixixix aku ini termasuk yg belum punya kendaraan roda empat pribadi, dan karena sering main ke dufan (punya annual pass)kalau ke sini, emang selalu naik wara wiri, yang penting tahu jadwalnya.. jd begitu turun dr shelter busway langsung dpt wara wirinya

    ReplyDelete
  30. Ahhh mau kepantaiii jadinyaaa..
    Oh brati enaknya weekdays ya mba helena Sidddd, ga ada rencana ajak tante novita kepantai apa?? Hehrhe *sokkenal*

    ReplyDelete
  31. Waah makin maju transportasi kita ya,semua bisa ikut menikmati kemajuannya,mudah-mudahan Indonesia semakin terus maju dalam segala bidang ya bund .. Aamiin

    ReplyDelete
  32. Meskipun msh di Jakarta tp jujur aja nih, sdh lama bgt ngga ke Ancol wkwkwk. Pengen bgt sich kesana,nikmati suasana pantai Jakarta. Kalau untuk ke Dufan, sepertinya kurang tertarik sich, mungkin krn faktor u kali yaaa hahahaha

    ReplyDelete
  33. Hhhmmm..... Baru hari minggu kemarin aku mau pergi ke ancol, tp males kalo pake motor, pengen nyoba pake busway, tp karena ga tau kalo disana ada bus wara wiri, akhirnya ga jd deh, soalnya kalo pake busway didalamnya aku pikir harus jalan kaki, tp setelah baca info ini, kayaknya harus jadi nih kesana, walau hanya sekedar main2 aja di pantai dan sekitarnya. Terimakasih infonya mba helena.

    ReplyDelete
  34. Oohh weekdays ada juga ya bus wira wirinya, kirain cuma pas weekend atau libur nasional aja. Pernah coba setahun lalu pas libur lebaran.. Penuhhh tumplek blek kayak cendol hehehe

    ReplyDelete
  35. Enak ya ada bus wara wiri ini buat yg tidak membawa kendaraan sendiri. Soalnya klo jalan kaki lumayan bgt pegelnya

    ReplyDelete
  36. ide bagus ya buat ngajak jalan anak-anak dengan biaya murah. Bagi kami yang tinggal di sukabumi, suka syusyah mau ke ancol. Macet cet cet... ke bogornya. belum mikirin ke jakartanya

    ReplyDelete
  37. Aku pernah sekali naik bis warawiri ini, tapi gak tau bahwa rutenya banyak. Pengen coba jalan-jalan santai kesini pas weekday.

    ReplyDelete
  38. bus ini ada shelter di mercure gak ya mbak helen ? mau ke dufan dari sini.

    ReplyDelete
  39. Setahuku Wara-wiri ga ada shelter di situ. Palingan naik taksi, Bude

    ReplyDelete
  40. Ka kalo mau naek wara wiri adanya di dalam ancol dekat loket ancol apa diluarnya? Terus bayar masuk ancolnya apa engga? Soalnya aku mau ke dufan hehe

    ReplyDelete
  41. Thnx ini sangat membantu beberapa x ke ancol sama kawan2 jadi naik kendaraan. Bsok mau ksna tapi ngg ada kendaraan pusing. Alhasil riweuh sendiri. Artikel ini sangat membantu

    ReplyDelete
  42. Bus wara wiri ya lama lebih 60menit,banyak calo taksi,parah gak seharusnya, padahal banyar 25rb/orang

    ReplyDelete
  43. Naik bus wara wiri bayar ga sih?atau gratis?

    ReplyDelete

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...