Thursday, November 29, 2018

Inspirasi Pahlawan dari Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju

Pahlawan Masa Kini. Siapakah nama orang yang terbesit di benakmu ketika membaca frasa tersebut? Kalau pahlawan masa kini versi saya ada di cerita berikut ini.




[caption id="" align="aligncenter" width="640"] Pahlawan masa kini?[/caption]

Pahlawan Masa Kini


Perjalanan ke puskesmas tak lebih dari 10 menit. Namun, dalam waktu singkat tersebut saya menjumpai petugas kebersihan di tiga titik yang berbeda. “Lho, ketemu lagi,” batin saya. Karena bolak-balik melihat petugas kebersihan dalam sekali jalan, gambaran mereka menempel kuat di ingatan.


Sepagi ini para petugas yang khas dengan seragam oranye tampak sibuk mengangkut sampah. Ada yang memilah sampah plastik dan sampah organik, ada pula yang mengangkat sampah ke truk untuk dibawa ke TPS. Bagi saya, petugas kebersihan adalah pahlawan masa kini. Mereka mau berjibaku dengan sampah sisa pembuangan orang lain. Kalau enggak ada petugas kebersihan, haduh … enggak terbayang bagaimana tempat tinggal kami.




[caption id="" align="aligncenter" width="680"] Petugas kebersihan menjadi pahlawan masa kini (dok. tribunnews)[/caption]

Bukan hanya petugas kebersihan, dalam sehari-hari banyak sekali pahlawan masa kini yang saya jumpai. Saya pernah melihat seorang bapak paruh baya menyapu jalan raya dengan sapu ijuk sampai menyebabkan macet. Mungkin orang sebal dengan kemacetan tersebut. Akan tetapi, si bapak sebenarnya sedang menyelamatkan para pengendara dari tebaran paku-paku di jalan.


“Siapa saja sekarang ini bisa menjadi pahlawan bagi bangsanya kalau dia berbuat sesuatu yang bermanfaat dan berharga bagi orang banyak,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Yup, saya setuju dengan statement di atas. Definisi pahlawan zaman penjajahan dan zaman sekarang berbeda. Akan tetapi, semua orang dapat berkontribusi positif bagi masyarakat.


Tumbenan yak ini serius amat topiknya. He he …. Dari pengalaman saya jalan-jalan membuka khasanah baru dan jadi mikir lebih dalam ketika menemukan satu fenomena menarik. Ini juga memikirkan pahlawan masa kini karena membaca topik lomba media sosial Sekretariat Kabinet tentang pahlawan masa kini versimu.




[caption id="" align="aligncenter" width="540"] dok. Sekretariat Kabinet[/caption]

Lomba #MenujuIndonesiaMaju Sekretariat Kabinet


Eh, udah tahu apa belum Sekretariat Kabinet (Setkab) bagi-bagi uang tabungan ratusan juta melalui lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju? Peluncuran lombanya sudah pernah saya tulis di sini.


Lomba ini berlangsung dari April hingga November 2018 dengan topik berbeda tiap bulan. Melalui media sosial Twitter, Instagram, dan Facebook, warganet ditantang menjawab berbagai pertanyaan seputar Indonesia.




[caption id="" align="aligncenter" width="542"] salah satu kuis di lomba medsos #MenujuIndonesiaMaju[/caption]

Kuisnya itu gampang-gampang susah. Beberapa pertanyaannya, yaitu:




  • Mengisi teka-teki silang seputar pahlawan Indonesia, atlet Asian Games, dan pencapaian kinerja pemerintah.

  • Menyusun puzzle maskot Asian Para Games, Momo.

  • Menebak cabang olahraga Asian Para Games

  • Membuat meme pahlawan masa kini

  • Menceritakan pahlawan masa kini versi masing-masing

  • Membuat video seputar sarana dan prasarana yang membuat lancar mudik lebaran

  • dan lain-lain


Saya ikut beberapa kali lomba medsos di atas tetapi belum beruntung. Saingannya ratusan peserta. Berat ….


Selain itu, ada pula lomba blog dan vlog saat perhelatan Asian Games 2018 lalu. Ini prestasi membanggakan Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia. Padahal saya nonton Asian Games-nya lho, kok ya kelewatan enggak ikut lomba blognya. *sok sibuk.


Baca juga: Nonton Langsung Asian Games 2018


Meski enggak menang satupun lomba media sosial Sekretariat Kabinet kali ini, saya turut berbahagia karena banyak teman yang menang. Hadiahnya bikin ngiler! Sekali menang ada yang dapat tabungan Bank Mandiri dua juta rupiah! Lumayan nih ya minta traktir ke mereka. Ho ho ….


Di samping itu, saya mendapat banyak informasi seputar capaian kinerja kabinet di era Jokowi-JK melalu lomba ini. Ngapain aja sih kerjanya presiden, wakil presiden, para menteri, dan jajaran kabinet lainnya? Dengan mengikuti lomba #MenujuIndonesiaMaju, otomatis saya mencari informasi tersebut supaya bisa menjawab kuisnya. Informasi yang dibagikan pun sifatnya positif berdasarkan fakta. No hoax!




[caption id="" align="aligncenter" width="1280"] Pemenang lomba medsos Setkab periode November[/caption]

Tuh, kan, banyak manfaat mengikuti lomba medsos Setkab. Lombanya itu seperti pejalaran sejarah dan Pkn di sekolah tetapi dengan cara mengasyikkan. Enggak berasa ujian namun dapat ilmunya.


Sayangnya, periode lomba sudah berakhir di bulan November ini. Harapan saya, Setkab bakal mengadakan lomba-lomba edukatif lagi di tahun mendatang. Kalau bisa, hadiahnya gala dinner bersama presiden supaya saya makin semangat ikut lomba. Semangat!


Info lebih lanjut:

Twitter @setkabgoid


Instagram @sekretariat.kabinet


Facebook @setkabgoid


YouTube Sekretariat Kabinet RI


No comments:

Post a Comment

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...