Thursday, December 13, 2018

Loker Stasiun Tugu, Penyelamat Transit 8 Jam di Yogyakarta

[Sewa loker Stasiun Tugu Yogyakarta]. Liburan keluarga ke Yogyakarta menjadi liburan yang sudah lama kami impikan. Kota wisata se-hits Yogya selalu membuat rindu. Tak disangka, bulan lalu kami “terpaksa” liburan ke Yogya meski hanya dalam hitungan jam. Transit 8 jam di Yogyakarta, bisa kemana saja?

Terpaksa Liburan ke Yogya

Saya dan suami sudah pernah ke Yogya, waktu study tour zaman SMP (beda kota, kan belum saling kenal). Udah lama banget. Lagipula saat study tour begitu yang dipikirkan adalah laporan kunjungan, kurang menikmati ada apa saja di Yogya. Maka, kami merencanakan kapan-kapan liburan ke Yogya meski belum tahu kapankah itu “kapan”.

Tak disangka, bulan lalu saat agenda mudik ke rumah orang tua, kami mendapat rezeki mampir ke Yogya. Ini karena tiket kereta tujuan Surabaya – Jakarta habis. Suami langsung mencari alternatif tiket lainnya hingga ketemu tiket Surabaya – Yogya dan Yogya – Jakarta. Alhamdulillah.

[caption id="" align="aligncenter" width="1200"]harga tiket taman pintar yogyakarta Apakah terlihat SID ada di mana? (lokasi: Taman Pintar Yogyakarta)[/caption]

Sewa Loker Stasiun Tugu Yogyakarta

Kami bertolak dari Stasiun Surabaya Gubeng di pagi hari dan sampai di Stasiun Tugu Yogyakarta sekitar pukul 1 siang. Hwaaa … akhirnya sampai di Yogya.

Stasiun Tugu luas dan modern, mirip Gubeng. Bangku ruang tunggu berjejer dan tak lupa colokan menempel di bagian bawah. Sambil menunggu kereta, penumpang bisa mengisi baterai HP. Ada pula tempat colokan yang menempel pada satu tiang. Sepertinya bagian ini tak pernah sepi.

Saya melewati charging station tersebut karena sudah nge-charge saat di kereta. Tujuan saya terletak di tengah-tengah Stasiun Tugu Yogyakarta, yaitu tempat penitipan barang alias loker. Yup, Stasiun Tugu memiliki fasiltas penyewaan loker untuk menyimpan barang-barang penumpang. Terdapat puluhan loker bercat kuning yang cukup besar untuk koper dan carrier bag.

[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]harga sewa loker stasiun tugu yogyakarta Sewa loker di Stasiun Tugu Yogyakarta[/caption]

Barang bawaan kami banyak. Ya, biasalah, dibekali makanan dan oleh-oleh lainnya. Belum lagi tas berisi baju, buku, dan mainan. Bakalan repot kalau dibawa keliling Yogya. Syukurlah di stasiun Yogyakarta ini terdapat loker. Saya pun menyewa satu loker untuk 6 jam dengan tarif 30.000 rupiah per 3 jam.

Baca juga: Begadang di Best Western Premier The Hive

Sewa loker di stasiun ini harus dibayar di depan. Penyewa akan mendapat bukti pembayaran yang digunakan untuk mengambil barang setelah masa sewa habis. Bagaimana bila terlambat mengambil barang? Penjaga loker berpesan, “Ya, telat 15 – 30 menit masih boleh.”

Tempat Wisata di Sekitar Stasiun Tugu Yogyakarta

Tas segambreng sudah aman di dalam loker. Kini, saya hanya membawa satu ransel yang berisi baju ganti, snack, dan air minum. Oke, petualangan di Yogya dimulai.

Baca juga: GIVEAWAY Wonderful Indonesia

Kami hanya memiliki waktu 8 jam (bahkan kurang) untuk eksplorasi kota pelajar. Enggak bisa mepet balik ke stasiun karena hanya 6 jam menyewa loker. Selain itu, kami buta arah di Yogya. Jadi, perjalanan kami buat sesantai mungkin.

Ada pikiran mau ke Pantai Parangtritis di selatan Yogya, tapi kok jauh ya. Bakal ke sana doang setelah itu harus buru-buru pulang. Maka, kami memilih wisata dalam kota yang jaraknya dekat stasiun.

Oh ya, untuk memudahkan mobilitas, selama di Yogya kami menyewa motor. Ada Trans Jogja tapi jarang lewat dan jalanan di Yogya sempit, tidak ada jalur khusus bus tersebut. Maka, motor menjadi moda transportasi yang cocok untuk liburan singkat ini.

Selama liburan singkat di Yogya, kami sempat ke:

Taman Pintar Yogyakarta

Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]harga tiket taman pintar yogyakarta Main drum di playground Taman Pintar[/caption]

Taman Pintar menjadi destinasi impian nomer 1 kalau libur ke Yogya, apalagi sekarang sudah punya anak. Wisata edukasi di Yogya ini cukup luas dan terdiri dari beberapa gedung. Kami sempat masuk ke gedung oval dan gedung kotak (tersambung). Di sana terdapat berbagai alat peraga ilmu pengetahuan alam dan sosial. Sayangnya beberapa alat tidak berfungsi dan minim info cara penggunaan.

SID lebih suka bereksplorasi di taman di luar gedung. Di sana terdapat air mancur yang membentuk terowongan. SID penasaran mengapa ia tidak basah ketika berjalan di bawah air mancur tersebut. Selain itu, terdapat pipa bercerita, dinding berdendang, katrol, dan lain sebagainya. Sesungguhnya seru lho belajar science di sini (tapi nilai pelajaran IPA saya ampun deh).

Tiket masuk Taman Pintar

Gedung oval dan kotak: dewasa Rp20.000,00; anak-anak Rp12.000,00

Masjid Jogokariyan

Jl. Jogokaryan No.36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]masjid jogokariyan yogyakarta Setelah sholat maghrib di Masjid Jogokariyan[/caption]

Setelah puas bermain di Taman Pintar, kami menuju Masjid Jogokariyan. Masjid ini menjadi masjid percontohan nomor 1 di Indonesia. Kalau di kantor mengenal istilah studi banding, Masjid Jogokariyan sering menjadi jujukan studi banding manajemen masjid-masjid lain.

Saya pikir masjid ini megah bak masjid agung di tiap kota. Rupanya masjid yang didominasi warna hijau ini terletak di kampung Jogokariyan. Bentuknya modern akan tetapi tidak semewah yang saya pikir. Meski demikian, manajemen masjid ini terkenal bagus dengan berbagai program pemberdayaan masyarakat sekitar.

Baca juga: Megahnya Masjid Ramlie Musofa di Kawasan Elite Jakarta

Alun-alun Lor Lapangan Kraton

Jl. Alun-Alun Utara, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Malam semakin beranjak tetapi masih ada waktu sejenak sebelum masa sewa loker habis. Kami melanjutkan perjalanan ke alun-alun lor Yogyakarta. Niatnya mau mencari makan karena di sana sedang berlangsung sekaten.

Saya baru sadar kalau Yogya punya dua alun-alun, yaitu alun-alun kidul (selatan dengan pohon beringin kembar) dan alun-alun lor (utara). Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau yang disebut Sekaten terletak di alun-alun utara Yogya.

Suasana pasar malam sekaten sungguh meriah. Saking padatnya, kendaraan roda empat dilarang melintas. Untunglah kami mendapat tempat parkir motor di dekat lapangan.

Di antara keramaian sekaten, SID yang paling bahagia. Ia minta naik trampoline, kereta mini, floating balloon, dan sebagainya. Saya juga menjadi lapar mata melihat deretan jajanan di sana. Hihihi ….

Baca juga: Review OPPO F11 Pro

Menunggu di Playground Stasiun Tugu

Agak alot negosiasi mengajak SID kembali ke stasiun di tengah godaan mainan di sekaten. Waktu semakin mepet, belum lagi kami harus mencari jalan menuju stasiun. Serasa Amazing Race, ehm.

Syukurlah kami sempat membeli makanan di seberang stasiun dan segera masuk untuk mengambil tas di loker sebelum kena biaya tambahan. Eh, ternyata petugasnya sudah ganti dan tidak mengecek tanda pembayaran tadi. Weleh …

Sembari menunggu jadwal keberangkatan kereta ke Jakarta, kami menjadi penguasa playground. Ho ho …. Di stasiun Tugu, terdapat tempat bermain anak yang terletak di sebelah kanan loker. Tempatnya tidak terlalu luas tetapi cukup menghibur hati SID selama menunggu kereta tiba. Berhubung malam itu stasiun sepi, jarang ada anak yang bermain di playground. Ya lumayan lah saya bisa bersantai sambil makan malam.

[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]tempat bermain stasiun tugu yogyakarta Playground di Stasiun Tugu Yogyakarta (itu bukan penampakan tetapi SID yang susah diam)[/caption]

Benar-benar enggak terpikir impian berlibur bersama keluarga di Yogya bisa terwujud secepat ini. Saya merasa beruntung memilih naik moda transportasi kereta api. Fasilitas Stasiun Tugu membuat nyaman meski harus transit lama. Ada loker, playground, mushola yang luas, executive lounge, charging station, food court, sampai toilet bersih.

[caption id="" align="aligncenter" width="1080"]tiket kereta api murah pegipegi Beli tiket kereta api di pegipegi.com[/caption]

Tak ragu lagi kalau suatu saat kembali ke Yogya, naik kereta lagi saja. Beli tiket kereta api di Pegipegi yang sering promo dan beragam pilihan pembayaran. Cara membelinya mudah, bisa lewat aplikasi Pegipegi atau situs pegipegi.com. Tiket kereta api mulai dari 3 jam hingga 90 hari sebelum tanggal keberangkatan bisa dibeli di sini. Tak lupa pilih tempat duduk strategis supaya perjalanan naik kereta semakin nyaman.

[caption id="" align="aligncenter" width="1600"]kereta sancaka yogyakarta Asyik, kan, liburan naik kereta (lokasi: KA Surabaya - Yogyakarta)[/caption]

Pukul 9 malam, KA Argo Dwipangga sudah datang menjemput. Kami bergegas masuk ke kereta eksekutif tersebut. Petualangan singkat di Yogya hari itu membuat kami cepat terlelap dalam kereta yang membawa kami kembali ke Jakarta.

Sampai jumpa lagi, Yogyakarta!

1. Iya jalan-jalan sekitar stasiun juga seru yaa

2. Seru ya, meski singkat tapi berkesan. Apalagi Sid terlihat enjoy banget, kapan2 ke Yogya lagi dengan durasi lebih lama. Bagi aku Yogya tak pernah membosankan apalagi kalau naik kereta ke sananya. Favorit banget

3. Ini namanya memanfaatkan waktu sebaik mungkin ya mbak heheee......pokoknya disempetin jalan, mantab

4. eh, BTW aku belum pernah ke Yogya :D

5. alhamdulilah ya jadi gak membosankan ya

6. alhamdulilah jadi gak membosankan ya

7. Weist 8 jam transit di kota gudeg ini rasanya ya puas ya ibu cantik hehe dengan tempat tempat yang asyik juga loker yang mengakomodir gini. Great!

8. Wah baru tahu kalau di stasiun Tugu ada persewaan loker.
    Setahu aku di terminal bus Giwangan Jogja juga ada sewa loker dahulu, entah sekarang

9. Jadi pengen ke Yogya lagi ngajakin anak2.
    Blm keturutan ngajakin mereka ke Taman pintar dan tempat2 wisata ramah anak lainnya di Yogya. Baru tau di stasiun sana ada playground jg, plus loker. Enak bisa nitip2 barang yo.

10. Aku baru tahu kalo di Stasiun Tugu ini ada penyewaan loker, kemarin pas ke Jogya gak ke Stasiun Tugu ya, karena via pesawat ke Jogyanya

11. Baca postingan ini saya langsung senang. Soalnya tiap ke Jogja dan tiba pagi hari, lelah juga kalau harus menunggu lama di lobi penginapan atau keliling Malioboro bawa banyak tentengan. Senangnya.

12. Terakhir ke stasiun tugu waktu kuliah Blum lengkap kayak gini mudah2an liburan nanti bisa ke jogja night melihat dr dekat

13. Wah, baru tau kalau di Stasiun Tugu ada sewa locker kak. Membantu banget kalau pas transit.

14. Taman Pintar ini banyak permainannya yah mama sid? Dari stasiun dimananya? Blm prnh kesana kalo main ke yogya

15. Wah ternyata banyak hal yang bisa dilakukan ketika transit beberapa jam di Stasiun Tugu, mantap nih mba

16. lama banget itu transit. lumayan bikin ngejaga mood anak2 tetap oke ya. kadang kita juga lelah menunggu. untuk ada loker dora emon, hihihi

17. Seru banget ke Yogya, jadi kangen bisa jalan-jalan ke sana. Apa lagi bareng suami hehe

18. ahhh sama nih kalau ke yogyakarta destinasi impian nomor 1 ku pasti ke taman pintar, seru gitu ya tempatnya keren2 fasilitasnya

19. Sekarang emang enak sih transit di Jogja karena stasiunnya udah ada locker, gak kayak dl harus nenteng barang. Nah, kalau Taman Pintar emang dekat banget dan cocok buat kita2 yang bawa anak.

20. Taman Pintar in emang wisata edukasi yang wajib dikunjungi di Jogja ya. Sayang sekali liburan ke Jogja bulan September kemarin ga sempat mampir ke Taman Pintar, padahal bawa anak hiks

21. ada loker gini jadi leluasa bepergian ke mana2 tanpa harus kewalahan bawa banyak barang ya Mbak.. asyik deh.. duh jadi pengen ke Yogya juga rasanya :)

22. Hanya 8 jam dan sempat berkeliling ke banyak tempat
    Kereeeeeen
    loker-loker kayak gitu beneran membantu pelancong yang pengen nitipin barang ya
    Semoga di stasiun-stasiun lain juga tersedia

23. wah baru tahu nih di stasiun tugu nya ada loker.. mayan nih buat yang gak pengen bawa barang berat ya.

24. Wah nice info mbak..
    Yogya emang keren ya,, cuma 8 jam aja da bikin seneng

25. Sid main ke Taman Pintar juga ya, pasti senang banget main disitu ya

26. SID pastinya bahagia banget karena ada beberapa tempat bermain anak yang bisa dikunjungi dalam waktu singkat :)

27. Di Jogja sekarang ada jasa penitipan barang serupa loh. Di luar stasiun dan lebih murah. Dekat stasiun Lempuyangan dan Malioboro. Namanya GoLockers

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit

Mengurus Perpanjangan SIM di Gerai SIM Mal Artha Gading Cuma 15 Menit Bulan September ini masa berlaku SIM A & C saya habis. Itu artin...